[SALAH] Daftar Nama Menteri Titipan Surya Paloh Pada Kabinet Prabowo-Gibran

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan dengan klaim daftar nama menteri titipan Surya Paloh pada kabinet Prabowo-Gibran adalah konten palsu. Faktanya tidak ada bukti yang valid terkait hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Palsu

====

[SUMBER]: https://web.archive.org/save/https://youtu.be/Lja1TRiOEE0?si=gzCN2gE8PVN5Z_LN

====
[NARASI]: “DAFTAR NAMA-NAMA MENTERI TITIPAN SURYA PALOH PADA KABINET PRABOWO GIBRAN USAI DITETAPKAN KPU MENANG”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube “Expresi Bola” pada tanggal 23 Maret 2024 mengunggah video daftar nama menteri titipan Surya Paloh pada kabinet Prabowo dan Gibran. Faktanya tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.

Video berdurasi 3 menit 29 detik tersebut sama sekali tidak membahas ataupun menyinggung nama-nama menteri yang disebut sebagai titipan Surya Paloh. Unggahan tersebut hanya membahas pertemuan antara Ketua Umum Partai Nasdem tersebut dengan Prabowo Subianto.

Dilansir dari metrotvnews.com, Prabowo memang menemui Surya Paloh pada Jumat, 22 Maret 2024 di Nasdem Tower, Jakarta. Saat konferensi pers, Surya Paloh mengatakan bahwa kunjungan ini adalah kunjungan silaturahmi mengingat perjalanan panjang di antara hubungan personal antara Surya Paloh dan Prabowo yang hampir 40 tahun.

Setelah dilakukan penelusuran, hingga saat ini tidak ada bukti valid terkait klaim dalam video. Isu mengenai nama-nama menteri titipan pada Kabinet Prabowo-Gibran sudah banyak muncul di media. Namun Gibran menegaskan bahwa susunan kabinet selanjutnya merupakan hak prerogatif dari Prabowo sebagai presiden terpilih.

==========

[REFERENSI]

[1]
https://www.metrotvnews.com/play/koGCRdR6-pesan-politik-dibalik-pertemuan-prabowo-dan-surya-paloh
[2] https://nasional.tempo.co/read/1849472/gibran-bantah-isu-jokowi-titip-menteri-ke-prabowo-ya-mungkin-masukan?utm_source=Digital%20Marketing&utm_medium=Babe
[3] https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-daftar-nama-menteri-titipan-surya-paloh-pada-kabinet-prabowo-gibran