[SALAH] Billboard di Kanada Mengimbau Imigran India di Negaranya untuk Berhenti Buang Air Besar di Tempat Terbuka

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang dimanipulasi. Pada gambar billboard yang asli, wajah dari pria yang sedang BAB berkulit hitam, bukan pria India. Billboard tersebut juga merupakam himbauan dari Pemerintah Ghana untuk masyarakat Ghana agar berhenti BAB di tempat terbuka, bukan pemerintah Kanada untuk imigran India.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/YwOnC

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Kota-kota di Kanada yang memiliki penduduk India yang tinggi telah memasang poster dalam Bahasa Hindi di seluruh taman dan pantai meminta orang-orang India untuk tidak buang air besar di tempat terbuka.
Hal ini merupakan hal yang normal di India karena jutaan dari mereka masih belum memiliki fasilitas kamar kecil dan mereka buang air besar di tempat umum”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @T_A_backup mengunggah foto billboard yang menunjukkan seorang pria, yang diklaim sebagai pria India, sedang buang air besar di pantai. Billboard tersebut juga bertuliskan ajakan untuk berhenti buang air besar di tempat terbuka. Cuitan dan gambar yang diunggah pada 19 Maret tersebut telah disukai 2,472 orang, dikutip dan dibagikan ulang hampir 1,000 kali, serta telah dilihat hampir 250,000 kali.

Setelah menelusuri foto tersebut, didapati bahwa foto wajah pria di billboard tersebut telah disunting. Pada situs shutterstock.com terlihat bahwa wajah pria di billboard itu adalah pria berkulit hitam.

Selain itu, kanal berita Business Ghana mengunggah foto yang sama persis dengan foto di shutterstock.com di artikel beritanya yang berjudul “Canadian diplomats concerned about funding open defecation campaign in Ghana”.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @T_A_backup merupakan konten yang dimanipulasi.

=====

Referensi:
https://www.shutterstock.com/image-photo/accraghanamay-12018-billboard-not-on-street-1454180096


https://www.businessghana.com/site/news/general/169693/Canadian-diplomats-concerned-about-funding-open-defecation-campaign-in-Ghana

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-billboard-di-kanada-mengimbau-imigran-india-di-negaranya-untuk-berhenti-buang-air-besar-di-tempat-terbuka