[SALAH] NASA Bersiap Menghadapi Kiamat Internet Karena Badai Matahari Besar pada 2025

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Klaim tentang NASA memprediksi badai matahari akan menyebabkan kiamat internet selama berbulan-bulan pada 2025 adalah salah. Faktanya NASA tidak atau belum memprediksi adanya kiamat internet pada puncak siklus matahari tahun 2025.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Media https://ghostarchive.org/archive/930W3 (arsip)

===========

[NARASI]: “NASA preparing for ‘internet apocalypse’ as huge solar storm could hit Earth by 2025”

Terjemahan : “NASA bersiap menghadapi ancaman ‘kiamat internet’ dari badai matahari yang akan datang pada tahun 2025”

===========

[PENJELASAN]: Sebuah artikel unggahan express.co.uk mengklaim Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) Amerika Serikat menyatakan akan terjadi kiamat internet pada tahun 2025. Konten tersebut memuat prediksi NASA tentang fenomena badai matahari yang menyebabkan terganggunya sambungan internet selama beberapa bulan atau kiamat internet.

Media tersebut menyebut, prediksi adanya badai matahari itu berasal dari Parker Solar Probe (PSP), proyek NASA yang mempelajari angin matahari. Namun dalam laman resmi milik NASA, mereka tidak pernah merilis artikel yang menjelaskan tentang adanya prediksi terjadinya kiamat internet karena badai matahari pada 2025.

Dilansir dari Snopes.com, Parker Solar Probe (PSP) merupakan proyek penelitian helio fisika (fisika matahari) tingkat lanjut dari NASA untuk mengetahui proses pemanasan matahari, sumber tenaga surya, embusan angin dan materialnya ke luar angkasa, serta batas terjauh lontaran berbagai partikel dari matahari itu.

Parker Solar Probe dirancang untuk terbang dalam jarak sekitar 4 juta mil (6,5 juta kilometer) dari permukaan Matahari untuk melacak aliran energi, mempelajari pemanasan korona matahari, dan mengeksplorasi apa yang mempercepat angin matahari.

Dengan begitu dapat disimpulkan, melalui hasil temuan tersebut bahwa unggahan Facebook yang mengklaim NASA memprediksi badai matahari akan menyebabkan kiamat internet selama berbulan-bulan pada 2025 adalah salah. Faktanya NASA tidak atau belum memprediksi adanya kiamat internet pada puncak siklus matahari tahun 2025.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.nasa.gov/


https://www.snopes.com/fact-check/nasa-memo-pending-internet-apocalypse/

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-nasa-bersiap-menghadapi-kiamat-internet-karena-badai-matahari-besar-pada-2025