[SALAH] Video Kerusuhan di Amerika Karena Pemerintah Dukung Israel

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, video yang digunakan merupakan kompilasi 13 potongan video yang seluruhnya merupakan aksi demonstrasi Black Lives Matter yang merupakan buntut tewasnya George Floyd pada Mei 2020 akibat penangkapan oleh seorang Polisi karena diduga mengeluarkan uang palsu. Selengkapnya di bagian PENJELASAN.
==========================

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN
Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.
==========================

NARASI
ViRALKAN SELURUH DUNIA…!!!Kini AMERIKA situasi mencekam, Karena Pemerintah Mendukung ISRAEL, maka RAKYAT nya marah… Penjarahan & Perusakan Terjadi di Seluruh AMERIKA’…!!!Seluruh warga Israel di usir paksa dan asetnya dihancurkan

Sumber Postingan: https://www.facebook.com/share/v/8wFTY9hzWQUyHZEV/?mibextid=oFDknk  (https://archive.md/NBpgZ  arsip)


==========================

PENJELASAN:
Sebuah akun facebook dengan nama Joko Tingkir membagikan sebuah video berdurasi 13 menit dengan klaim merupakan aksi protes warga Amerika terhadap pemerintahan Joe Biden karena mendukung Israel.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan fakta bahwa video tersebut berisi 13 kompilasi video yang keseluruhannya merupakan cuplikan aksi demonstrasi Black Lives Matter pada tahun 2020 lalu. Aksi demonstrasi tersebut merupakan buntut terbunuhnya warga kulit hitam bernama George Floyd akibat penangkapan oleh seorang Polisi karena diduga mengeluarkan uang palsu.

Gelombang demonstrasi menolak rasisme tersebut terjadi di beberapa titik di Amerika Serikat, seperti di Los Angeles, Philadelpia, Nashville, New York City, Manhattan, dan beberapa kota lainnya.

Sebelumnya, hoaks dengan menggunakan video serupa muncul pada tahun 2021 dengan klaim aksi demonstrasi di Potland, Amerika Serikat.

Artikel periksa faktanya terbit di situs berbahasa mandarin, MyGoPen dengan judul “[Menyesatkan] Video kerusuhan di Portland, AS? Pemerintah AS melarang penyiaran, tapi media Eropa bekerja sama? Lokasinya salah dan media memberitakannya.” Artikel tersebut lengkap menjelaskan 8 dari 13 cuplikan awal dalam video yang beredar.

Dengan demikian, klaim yang terdapat pada narasi bahwa video tersebut menampilkan massa aksi demonstrasi di Amerika terkait dukungan Pemerintah Amerika terhadap Israel, tidak benar.

========================

REFERENSI:


(1) https://www.mygopen.com/2021/01/Portland.html?m=1
(2) https://www.washingtonpost.com/local/dc-braces-for-third-day-of-protests-and-clashes-over-death-of-george-floyd/2020/05/31/589471a4-a33b-11ea-b473-04905b1af82b_story.html