[SALAH] Olivia Rodrigo Membagikan Pil Aborsi kepada Penggemar yang Datang ke Konsernya

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya yang dibagikan Olivia Rodrigo pada konsernya adalah pil pencegah kehamilan bukan pil aborsi untuk menggugurkan kehamilan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Portal

https://web.archive.org/web/20240315175716/https://www.westernjournal.com/pop-star-olivia-rodrigo-passes-abortion-pills-fans-shoves-pro-choice-message-faces-gen-z/

= = =

Narasi:

“Bintang Pop Olivia Rodrigo Membagikan Pil Aborsi kepada Penggemar, Menyampaikan Pesan Pro-Choice ke Wajah Gen Z”

= = =

Penjelasan:

Sebuah portal daring www.westernjournal.com membagikan informasi bahwa bintang pop Olivia Rodrigo membagikan pil aborsi kepada penggemarnya yang hadir pada acara konsernya di Missouri pada 12 Maret 2024.

Namun faktanya bukan pil aborsi yang dibagikan pada acara konser tersebut, melainkan pil kontrasepsi darurat. Dilansir dari AFP, pil kontrasepsi bermanfaat untuk mencegah ovulasi sehingga mencegah kehamilan terjadi, bukan tindakan aborsi yang merupakan pengguguran kehamilan.

Diketahui negara bagian Missouri sendiri telah melarang tindakan aborsi yang menggugurkan kehamilan, sedangkan pil kontrasepsi darurat legal di seluruh negara bagian Amerika Serikat.

Dengan demikian, Olivia Rodrigo membagikan pil aborsi di acara konsernya adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34LH9GH

= = =