[SALAH] Ibu kota Ukraina dibom oleh Rusia

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya video tersebut merupakan rekaman kejadian lama yang terjadi pada tahun 2003 yang lalu ketika Amerika Serikat menginvasi Irak di bawah pimpinan Presiden George Bush.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/v6mP9 (arsip)

===========

[NARASI]: Ukraine is getting bombed to hell right now. Russia has now sent at least 14 Russian TU-95MS bombers capable of carrying NUCLEAR WEAPONS in the air

Terjemahan: Ukraina sedang dibom ke neraka sekarang. Rusia sekarang telah mengirim setidaknya 14 pembom TU-95MS Rusia yang mampu membawa SENJATA NUKLIR di udara

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Tiktok yang mengklaim jika Rusia baru saja melakukan serangan bom ke Ukraina pada tanggal 23 Maret 2024 yang lalu, dalam video tersebut memperlihatkan adanya ledakan yang sangat besar di sebuah kota.

Namun, setelah dilakukan penelusuran, ditemukan video yang terlihat identik telah diunggah di Youtube CNN pada 22 Juli 2016 lalu yang berjudul “Operation Shock and Awe: Iraq, 2003”. Video tersebut merupakan rekaman lama yang menampilkan pengeboman di Baghdad, Irak, pada tahun 2003 yang lalu.

Diketahui pada tahun 2003 silam Amerika Serikat dibawah pimpinan Presiden George Bush memerintahkan untuk melakukan invasi ke Irak. Alasan invasi tersebut adalah karena AS merasa Irak memiliki senjata pemusnah massal dan menganggap rezim Saddam Hussein merupakan ancaman bagi keamanan global.

Berdasarkan temuan tersebut maka dapat disimpulkan jika video yang diklaim sebagai pengeboman Rusia kepada Ukraina adalah klaim yang salah. Faktanya video tersebut merupakan rekaman kejadian lama pada tahun 2003 yang lalu ketika Amerika Serikat menginvasi Irak.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=0yr-LaMhvro

https://www.bbc.com/indonesia/dunia-65200593#:~:text=AS%20menginvasi%20Irak%20pada%202003,merupakan%20ancaman%20bagi%20keamanan%20global.