[SALAH] Foto Menteri Luar Negeri Rusia duduk di meja kepresidenan Amerika Serikat

Hasil periksa fakta Panji

Foto tersebut identik dengan foto di artikel CNN, pada foto tersebut terlihat jika yang menduduki meja kepresidenan adalah Donald Trump dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov hanya berdiri di samping Trump. Sehingga dapat disimpulkan jika foto yang beredar tersebut merupakan hasil manipulasi.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: X/Twitter https://ghostarchive.org/archive/6N47d (arsip)

===========

[NARASI]: “Look who was really in charge of the White House 2016-2020. Republicans are chumps.”

Terjemahan: “Lihat siapa yang benar-benar bertanggung jawab atas Gedung Putih 2016-2020. Partai Republik adalah orang bodoh.”

===========

[PENJELASAN]: 

Pada 25 Maret 2024 kemarin beredar sebuah foto di X/Twitter yang memperlihatkan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov sedang duduk di meja kepresidenan Amerika Serikat, sedangkan Donald Trump yang kala itu masih menjabat sebagai presiden justru yang berdiri di samping meja kepresidenan.

Foto tersebut kemudian dibumbui dengan narasi jika yang sebenarnya memimpin Amerika Serikat pada tahun 2016-2020 adalah pihak Rusia, Donald Trump dianggap sebagai boneka milik Rusia.

Namun, setelah dilakukan sumber asli foto tersebut, ditemukan hasil temuan jika foto tersebut berasal dari artikel CNN berjudul, “Trump’s meeting with Lavrov ‘important’ but not a sign of thaw in US-Russia relations, Kremlin says” yang diunggah pada 11 Desember 2019 lalu.

Pada foto artikel CNN tersebut terlihat jika yang menduduki meja kepresidenan adalah Donald Trump dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov hanya berdiri di samping Trump. Sehingga dapat disimpulkan jika foto yang beredar tersebut merupakan hasil manipulasi.

===========

 [REFERENSI] :

https://edition.cnn.com/2019/12/11/europe/trump-lavrov-meeting-intl/index.html