[SALAH] DATA KPU DENGAN TIM AMIN BERBANDING TERBALIK, SUARA PRABOWO DI BAWAH 50 PERSEN

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan informasi terkait klaim narasi yang beredar. Video tersebut hanya berisi gabungan dari beberapa foto dan video berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/A5RD-ZZA6 (Youtube)

=======

[NARASI]:
BOWO KEMBALI PUPUS !! HASIL KPU P4LSU..?? BERBANDING TERBALIK BOWO DIB4WAH 50%

BOWO KANDAS!!
DATA KPU DIDEPAK MK
DATA KPU DENGAN TIM AMIN DI MK BERBANDING TERBALIK

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama CATATAN ISTANA dengan narasi yang menyatakan bahwa data KPU dengan tim Anis-Muhaimin berbanding terbalik, suara Prabowo ternyata di bawah 50 persen.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari beberapa gambar yang digabung menjadi satu. Video yang ditampilkan hanya menyajikan beberapa cuplikan video dan gambar yang tidak mendukung klaim narasi.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari republika.co.id nerjudul “Sekjen Perindo: MK Bakal Buktikan Dugaan Kecurangan Pemilu”. Artikel ini membahas Sekjen DPP Partai Perindo Ahmad Rofiq yang menyatakan bahwa partainya akan mengajukan perselisihan hasil pemilihan umum ke MK sebagai respons dari hasil rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024.

Narasi selanjutnya yang membahas Partai Perindo yang mengajukan permohonan perselisihan hasil pemilihan umum untuk pemilihan legislatif (Pileg) ke Mahkamah Konstitusi tersebut bersumber dari artikel mediaindonesia.com berjudul “Kantongi Bukti Kecurangan, Perindo Ajukan Gugatan ke MK”.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim ata KPU dengan tim Anis-Muhaimin berbanding terbalik, suara Prabowo ternyata di bawah 50 persen tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://pemilukita.republika.co.id/berita/saphem330/sekjen-perindo-mk-bakal-buktikan-dugaan-kecurangan-pemilu

https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/660823/kantongi-bukti-kecurangan-perindo-ajukan-gugatan-ke-mk