[SALAH] AKUN WHATSAPP WALIKOTA JAKARTA TIMUR MENAWARKAN PEMBELIAN LOGAM MULIA

Akun tersebut PALSU. Hal ini telah diklarifikasi oleh pihak terkait, Walikota Jakarta Timur, Muhammad Anwar.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/ KONTEN TIRUAN

===

SUMBER: WHATSAPP

===

NARASI: (Teks percakapan telah dihapus)

===

PENJELASAN: Beredar sebuah akun WhatsApp yang mencatut nama Walikota Jakarta Timur, Muhammad Anwar. Akun WhatsApp dengan nomor “0881-0110-96846” tersebut diketahui menggunakan nama serta foto Anwar, dan telah menghubungi sejumlah pihak dengan modus ingin menawarkan promo pembelian logam mulia.

Setelah dilakukan penelusuran, nyatanya akun tersebut merupakan akun palsu. Melalui Instagramnya @m.anwar_551, Anwar menegaskan jika akun WhatsApp dengan nomor tersebut bukan miliknya. Anwar turut mengimbau masyarakat agar berhati-hati dengan akun media sosial dan juga aplikasi percakapan yang mengatasnamakan para pejabat publik.

“Assalamualaikum untuk semua Rekan, kerabat dan seluruh warga Jakarta timur, Jika ada akun Whatsapp selain yang saya miliki dengan nama M Anwar dengan foto profil saya dan mengaku walikota Jakarta Timur agar tidak di respon. Karena hari ini kembali terjadi penipuan oleh oknum yang mengatasnamakan walikota jakarta timur dan berusaha untuk Merugikan orang lain.” tegas Anwar melalui laman Instagramnya.

Berdasar seluruh referensi, akun WhatsApp dengan nomor “0881-0110-96846” bukan milik Walikota Jakarta Timur, Muhammad Anwar. Akun tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori imposter content atau konten tiruan.

===

REFERENSI:

https://www.instagram.com/p/C45klOTv24O/?img_index=1
https://www.instagram.com/p/C45klOTv24O/?img_index=2