[SALAH] Ada Pecahan Logam Tajam di Makanan Bayi

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya serbuk logam yang terdapat pada makanan bayi tersebut merupakan partikel besi food grade yang digunakan dalam oatmeal bayi untuk mendukung perkembangan bayi yang sehat. 

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Tiktok  https://ghostarchive.org/archive/MNou8 (arsip)

===========

[NARASI]: Why is there metal in Baby Food?!?

Terjemahan: kenapa ada logam di makanan bayi?!?

===========

[PENJELASAN]: 

Video menunjukkan seseorang menempatkan oatmeal bayi merk Gerber ke dalam kantong plastik dan menggosoknya dengan magnet yang menyebabkan ada bintik hitam kecil yang bergerak menempel pada magnet. “Seperti yang Anda lihat, ada banyak pecahan logam kecil di dalam oatmeal bayi ini”, ucap orang yang ada dalam video.

Namun, dilansir dari Logically Facts, seorang dokter bernama Dr. Stuart Farrimond menjelaskan bahwa objek dalam video Tiktok itu bukanlah serutan logam yang tajam.

Serbuk tersebut adalah bubuk besi ‘elemen’ food grade yang sangat murni, diproduksi melalui proses yang disebut elektrolisis. Besi ini memiliki warna keperakan dari besi murni dan memiliki sifat yang sama seperti serbuk besi pada umumnya yang akan menempel dengan magnet. Bubuk ini sangat aman untuk dikonsumsi, dan penggunaannya sangat diatur.

Melalui penjelasan tersebut maka disimpulkan jika serbuk logam yang terdapat pada makanan bayi tersebut merupakan partikel besi food grade yang digunakan dalam oatmeal bayi untuk mendukung perkembangan bayi yang sehat. 

===========

 [REFERENSI] :

https://www.logicallyfacts.com/en/fact-check/false-no-there-aren-t-metal-shards-in-baby-oatmeal