[SALAH] Joe Biden menodongkan pistol ke mulut seorang wanita tua

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya foto Joe Biden memegang pistol tersebut adalah hasil manipulasi visual. Berdasarkan pencarian gambar didapatkan hasil jika sumber asli foto tersebut berasal dari situs bernama Alamy, pada foto aslinya tersebut Joe Biden sama sekali tidak memegang senjata api apapun.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: X/Twitter https://ghostarchive.org/archive/vJ9QU  (arsip)

===========

[NARASI]: “damn i cant believe he did this”

Terjemahan: “sial aku tidak bisa percaya dia melakukan ini”

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar foto yang dibagikan melalui X/Twitter memperlihatkan momen ketika Presiden Amerika Serikat Joe Biden terlihat memegang sebuah pistol dan menodongkannya ke mulut seorang wanita tua.

Untuk memastikan kebenaran dari foto tersebut, dilakukan pencarian gambar yang akhirnya mendapat hasil temuan jika foto tersebut memiliki kemiripan dengan yang ada di situs Alamy. Pada situs tersebut ada keterangan jika foto tersebut sudah diunggah dari tanggal 8 September 2008 yang lalu.

Lalu jika diperhatikan, pada foto originalnya tersebut tidak diperlihatkan jika benar Joe Biden sedang memegang sebuah pistol. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan jika foto tersebut merupakan hasil manipulasi.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.alamy.com/democratic-vice-presidential-candidate-sen-joe-biden-d-del-left-chats-with-annalou-trebitz-87-of-deerfield-beach-fla-after-a-town-hall-meeting-tuesday-sep-2-2008-at-century-village-in-deerfield-beach-ap-photowilfredo-lee-image539538570.html?irclickid=RN2xYgT71xyPRlfXVn1FX1j0UkHyCUyzx0xI2I0&utm_source=77643&utm_campaign=Shop%20Royalty%20Free%20at%20Alamy&utm_medium=impact&irgwc=1