[SALAH] Elon Musk membaca buku mengenai Flat Earth

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya buku yang sebenarnya sedang dibaca oleh Elon Musk adalah buku berjudul “Dinosaur Hunter”, sedangkan foto yang memperlihatkan jika judul buku tersebut “Flat Earth” merupakan hasil manipulasi.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: X/Twitter https://ghostarchive.org/archive/eLTvO (arsip)

===========

[NARASI]: “Gerçeğin Ne Olduğunu Biliyor”

Terjemahan: “dia tahu apa yang sebenarnya”

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah foto di sosial media X/Twitter yang memperlihatkan Elon Musk sedang duduk sambil membaca buku berjudul “Flat Earth”, foto tersebut juga disertai narasi yang mengatakan jika Elon Musk mengetahui suatu kebenaran.

Saat dilakukan pencarian dari mana sumber asli foto tersebut, ditemukan foto serupa yang diunggah di akun Twitter @elonmuskbooks, akan tetapi pada foto tersebut diperlihatkan jika buku yang sedang dibaca oleh Elon Musk adalah buku yang berjudul “Dinosaur Hunter”.

Selain sumber temuan tersebut, foto Elon Musk sedang membaca buku “Dinosaur Hunter” juga sudah pernah diunggah oleh akun Facebook bernama Homer Hickam Official Page jauh pada tahun 2010 yang lalu.

Berdasarkan dua sumber temuan tersebut maka dapat disimpulkan jika judul buku yang sedang dibaca Elon Musk bukan merupakan buku tentang bumi datar, melainkan sebuah buku yang membahas dinosaurus. Foto yang memperlihatkan jika Elon Musk membaca buku “Flat Earth” adalah hasil manipulasi.

===========

 [REFERENSI] :

https://twitter.com/elonmuskbooks/status/1558604683802992647

https://www.facebook.com/HomerHickamOfficialPage/photos/elon-musk-gets-caught-reading-the-dinosaur-hunter-if-youre-not-sure-who-he-is-yo/172331929461821/?paipv=0&eav=AfZYSRaqStELDw6k315RnOI_HXZgmnvZ_LHY_3x6s0Eix4723Wwb7gMk8gUNwoY2u8g&_rdr