[SALAH] Masa Depan Rusia Hancur di Tangan Vladimir Putin

Periksa Fakta Vania.
Faktanya, Gambar tersebut adalah karya seni digital yang dibuat menggunakan Photoshop dan kecerdasan buatan (AI).

=====   

KATEGORI: Satire

=====   

Sumber: Twitter
https://ghostarchive.org/archive/eD46P

=====   

Narasi  
[Diterjemahkan dalam bahasa Indonesia]

Ini adalah masa depan Rusia di tangan Putin

=====  

Penjelasan:  
Akun twitter Slava mengunggah postingan dengan caption “This is the future of Putin’s Russia” dengan melampirkan foto menunjukkan ledakan di kilang minyak atau bandara di Rusia di belakang papan reklame yang menampilkan Presiden Putin dan mempromosikan ‘stabilitas’.

Setelah dilakukan penelusuran, Foto tersebut adalah karya seni digital yang dibuat menggunakan alat Photoshop dan AI, dan pertama kali dibagikan oleh seniman Ukraina pada bulan Januari. Dilansir dari fullfact.org gambar tersebut menunjukkan papan reklame besar dengan foto Presiden Putin di samping kata dalam bahasa Rusia yang berarti ‘stabilitas’ (diterjemahkan oleh Google).

Papan reklame tersebut tampak rusak, berlubang, dan di belakangnya terlihat api besar serta kepulan asap di antara kabel dan tiang listrik. Versi gambar yang tidak dipotong awalnya dibagikan ke Telegram pada 22 Januari. Gambar tersebut dibagikan di saluran bernama “@khersondesigner” dengan deskripsi yang ditulis dalam bahasa Ukraina yang berbunyi “Blog desainer Kherson. Saya mempublikasikan karya saya.” Pengguna Telegram tersebut mengkonfirmasi kepada Full Fact bahwa gambar tersebut dibuat menggunakan kombinasi alat Photoshop dan AI.

Mereka berkata: “Ini adalah visi saya mengenai situasi di Rusia. Idenya adalah untuk menggabungkan serangan terhadap depot minyak dan pemilihan Presiden Rusia”.

=====    

Referensi:   
https://fullfact.org/online/digital-artwork-putin-billboard-flames-ai-photoshop/