[SALAH] – Israel Menculik Warga Sipil Gaza di Rumah Sakit Al-Shifa dan Dibawa ke Kamp Konsentrasi

Periksa Fakta Vania.
Faktanya, foto yang dilampirkan dalam unggahan tersebut merupakan foto penggerebekan oleh pasukan Israel di rumah sakit Indonesia yang berada di Gaza, bukan penculikan warga sipil Gaza di rumah sakit Al-Shifa.
=====   

KATEGORI: Konteks yang Salah

=====   

Sumber: Twitter
https://ghostarchive.org/archive/Ex2fQ

=====   

Narasi  
[Diterjemahkan dalam bahasa Indonesia]
Jumlah orang yang diculik dari Rumah Sakit Al-Shifa di #Gaza melebihi 800!

Israel membawa warga sipil yang mereka culik dari rumah sakit ke Kamp Konsentrasi!

=====  

Penjelasan:  
Akun Twitter @valbistan mengunggah postingan mengenai warga sipil yang diculik Israel dari rumah sakit Al-Shifa, Gaza pada 23 Maret 2024. Postingan tersebut juga melampirkan bukti foto yang dimaksudkan untuk menunjukkan sekelompok warga sipil Gaza ditahan dan diikat oleh pasukan Israel.

Setelah dilakukan penelusuran, foto yang dilampirkan dalam unggahan tersebut identik dengan foto yang diunggah akun instagram @gol.d_films pada 3 Februari 2024.

Foto asli tersebut diambil saat penggerebekan oleh pasukan Israel di rumah sakit Indonesia di Gaza Utara pada Februari lalu. Dilansir dalam misbar.com bahwa rumah sakit tersebut menghadapi pemboman besar-besaran dari tentara Israel, yang menimbulkan kekhawatiran akan keselamatan 200 orang dan staf medis yang terluka.

Foto tersebut dibagikan oleh seorang fotografer sebagai bagian dari rangkaian penggerebekan oleh pasukan Israel di berbagai lokasi termasuk rumah sakit, sekolah, dan taman bermain yang berada di Gaza.

Sehingga, foto yang dilampirkan dalam unggahan tersebut bukan merupakan foto tentara Israel menculik warga sipil Gaza di rumah sakit Al-Shifa pada 23 Maret 2024, melainkan foto penggerebekan yang dilakukan oleh tentara Israel pada rumah sakit Indonesia yang berada di Gaza Februari lalu.

=====    

Referensi:   
https://www.instagram.com/p/C24W8tKo0QH/?igsh=MWNnNnplMzlvb3Zwcg==
https://misbar.com/en/factcheck/2024/03/21/this-photo-was-not-shot-during-israelrsquos-latest-raid-on-al-shifa-hospital