[SALAH] Kelaparan Global Akan Direkayasa Oleh WEF Dan 13 Negara

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, postingan yang beredar di Facebook dan menyatakan bahwa WEF dan 13 Negara akan merekayasa kelaparan global tidaklah benar. Klaim ini berasal dari situs yang memiliki kredibilitas rendah dan sering mengunggah artikel tentang konspirasi, propaganda, dan disinformasi. Selain itu, tidak ada perjanjian antara WEF dan negara-negara tersebut untuk menciptakan kelaparan.

Simak penjelasannya

====
[KATEGORI] Konten palsu

====
[SUMBER] Facebook
https://web.archive.org/web/20240320110030/https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=401218852553619&id=100079965219100&mibextid=oFDknk)

====
[NARASI] 13 Negara disusupi WEF dan setuju untuk merekayasa kelaparan global,apa tujuan para globalis?mengurangi populasi bumi sehingga mrk dapat mengendalikan manusia yg tersisa dgn lebih baik.
http://thepeoplesvoice.tv/13-wef-infiltr…

====
[PENJELASAN]
Sebuah unggahan di Facebook mengklaim bahwa 13 negara dan WEF akan merekayasa kelaparan global. Dalam unggahan ini ditampilkan artikel yang menjadi rujukan dan
dikatakan bahwa tujuan adanya rekayasa ini untuk mengurangi populasi bumi sehingga manusia yang tersisa akan mudah dikendalikan. Dalam artikel yang ditunjukkan 13 negara tersebut antara lain Argentina, Australia, Brazil, Burkina Faso, Chile, Czech Republic, Ecuador, Germany, Panama, Peru, Spain, US, dan Uruguay.

Setelah ditelusuri ternyata, dilansir dari http://Kompas.com WEF dan negara-negara tersebut tidak ada perjanjian untuk menciptakan kelaparan. Selain itu, informasi ini berasal dari situs The People Voice. Berdasarkan identifikasi dari Media Bias atau Fact Check (MBFC), situs yang menyatakan klaim tersebut memiliki kredibilitas yang sangat rendah dan bias. Situs ini diketahui berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat dan sering menerbitkan artikel terkait konspirasi, propaganda, dan disinformasi sejak 2014.

Sementara itu, dalam laman resmi WEF sejak 2021 10 persen dari 828 juta jiwa terkena dampak kelaparan. Narasi dalam artikel konspirasi mengkaitkan bahwa negara yang terdampak kelaparan dapat menggunakan alternatif pangan dari serangga. Artikel ini menyatakan bahwa inisiasi tersebut dilakukan oleh WEF. Namun, tidak ditemukan program serupa oleh WEF.

Dengan demikian, pernyataan yang beredar bahwa WEF beserta 13 negara akan merekayasa kelaparan global tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/03/20/174100482/-hoaks-13-negara-bersama-wef-merekayasa-kelaparan-global

https://www.weforum.org/agenda/2022/07/world-hunger-rising-africa-asia/