[SALAH] Raja Charles III Meninggal Dunia di usia 75 tahun karena kanker

Periksa Fakta Vania.
Faktanya, tidak adanya media terpercaya yang memberitakan berita tersebut.

=====   

KATEGORI: Konten yang menyesatkan

=====   

Sumber: Twitter
https://archive.ph/mK1vf

=====   

Narasi  
[Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia]

:radio_button:TM24 LANGSUNG | Istana Buckingham :saluting_face:

#BREAKING | Raja Inggris Charles III Meninggal Karena Kanker di Usia 75 Tahun :gb:

#RoyalAnnouncement #KingCharles

=====  

Penjelasan:  
Akun twitter Truth Media pada 19 Maret 2024 mengunggah postingan yang menyatakan bahwa Raja Charles III meninggal di usia 75 tahun dikarenakan kanker.

Setelah dilakukan penelusuran, tidak adanya media terpercaya dalam memberitakan meninggalnya Raja Charles III. Dalam situs resmi instagram dan web @theroyalfamily tidak ada informasi yang memberitakan meninggalnya Raja Charles III.

Kedutaan Besar Inggris di Kyiv, Ukraina, dan Azerbaijan telah menepis rumor seputar dugaan kematian Raja Charles III. Melalui X, Kedutaan Besar Inggris di Kyiv menyatakan, “Kami ingin menginformasikan kepada Anda bahwa berita kematian Raja Charles III adalah palsu,” dalam twitter resmi @UKinUkraine. Serta, Kedutaan Besar Inggris di Azerbaijan juga meyakinkan masyarakat dengan menyatakan, “Kami menginformasikan bahwa laporan tentang kematian Raja Charles III adalah palsu!” dalam twitter resmi @ukinazerbaijan.

Dilansir dari misbar.com, memang sebelumnya Istana Buckingham telah mengungkapkan bahwa Raja Charles didiagnosa mengidap jenis kanker yang tidak dijelaskan secara spesifik.

“Yang Mulia hari ini memulai jadwal perawatan rutin, dan selama itu beliau telah disarankan oleh dokter untuk menunda tugas-tugas publik,” kata pihak istana bulan lalu. Awal bulan ini, dalam pidatonya di televisi, Charles mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para pendukungnya atas “doa baik dan penuh perhatian” mereka terkait kesehatannya, dan berjanji untuk “terus melayani Anda semampu saya.”

=====    

Referensi:   
https://x.com/UKinUkraine/status/1769717522666750397?s=20
https://x.com/ukinazerbaijan/status/1769720243499192354?s=20
https://misbar.com/en/factcheck/2024/03/19/title-king-charles-iii-is-not-dead-yet