[SALAH] Foto Menara Kairo Berdekorasi Bendera Palestina

Hasil periksa fakta Panji

Foto yang sedang memperlihatkan menara Kairo dihiasi dengan bendera Palestina tersebut merupakan hasil manipulasi. Foto yang digunakan berasal dari foto yang sudah ada dari tahun 2010 lalu dan dalam foto aslinya tersebut menara Kairo tidak dihiasi sama sekali dengan bendera Palestina.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: X/Twitter https://ghostarchive.org/archive/g8blf(arsip)

===========

[NARASI]: “Cairo Tower is decorated with the Palestinian flag.

Here is Cairo,, here is Palestine”

Terjemahan: “Menara Kairo dihiasi dengan bendera Palestina

Ini adalah Kairo, ini adalah Palestina”

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah gambar Menara Kairo sedang dibagikan di media sosial, mengklaim jika menara yang berada di negara Mesir tersebut sedang didekorasi bendera Palestina sebagai bentuk dukungan di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Hamas. 

Untuk memastikan kebenaran dari foto tersebut, dilakukan pencarian gambar yang akhirnya mendapat hasil temuan jika foto tersebut memiliki kemiripan dari foto yang diunggah oleh media Bulb America. Foto yang diunggah pada tahun 2010 tersebut memiliki kemiripan yang sangat akurat baik dari posisi bulan sabit yang berada di kanan menara dan warna langit yang ungu kejinggaan.

Berdasarkan temuan tersebut maka dapat dipastikan jika foto yang memperlihatkan menara Kairo yang sedang dihias dengan bendera Palestina merupakan hasil manipulasi. Foto yang digunakan berasal dari foto yang sudah ada dari tahun 2010 lalu.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.bulbamerica.com/blogs/news/16031188-the-cairo-tower-standing-tall-and-burning-bright-with-philps-leds