[SALAH] Amy Schumer Mengidap VAIDS Akibat Booster COVID-19

Periksa Fakta Vania.
Menyesatkan, faktanya Amy Schumer sedang menderita endometriosis, bukan menderita AIDS.

=====   

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====   

Sumber: Facebook dan Media

=====   

Narasi  
Amy Schumer Mengatakan Dia Mengidap VAIDS Setelah Booster Ketiga

Amy Schumer mengungkapkan bahwa dia mengidap Vaccine Acquired Immune Deficiency Syndrome (VAIDS) yang parah sebagai akibat langsung dari mendapatkan beberapa suntikan COVID.

=====  

Penjelasan:  
Akun facebook Priti Elen pada 27 Februari 2024 mengunggah postingan facebook mengenai komedian AS Amy Schumer mengidap Vaccine Acquired Immunodeficiency Syndrome (VAIDS). Postingan facebook tersebut juga melampirkan link asli berita dari thepeoplesvoice.tv. Diberitakan bahwa Amy terkena VAIDS setelah mendapatkan booster vaksin Covid-19.

Dilansir dalam turnbackhoax.id tidak ada penyakit atau kondisi medis yang dinamakan VAIDS. Istilah tersebut bermula dari teori konspirasi yang menggunakan vaksin Covid-19 sebagai penyebab penyakit defisiensi imun atau AIDS.

Dalam kompas.com juga menyebutkan bahwa kandungan vaksin Covid-19 tidak menyebabkan AIDS. Vaksin dirancang untuk merangsang antibodi agar mempelajari dan mengenali virus yang sebelumnya telah dilemahkan, sehingga membuat seseorang  kebal terhadap penyakit tersebut.

Diketahui bahwa foto yang dilampirkan merupakan foto Amy Schumer sedang menderita endometriosis, bukan menderita AIDS. Amy menjalani operasi pengangkatan rahimnya, atau histerektomi, untuk  mengobati penyakitnya. Endometriosis adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh tumbuhnya endometrium di luar rahim, seperti di saluran tuba, ovarium, atau jaringan lain di daerah panggul, dan dapat menyebabkan kram yang menyakitkan saat menstruasi.

Dengan demikian, informasi yang telah disebarkan akun facebook Priti Elen merupakan informasi yang menyesatkan.

=====    

Referensi:   
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/03/15/142900282/-hoaks-komedian-as-amy-schumer-mengidap-vaids?page=all#page2
https://www.cbsnews.com/news/amy-schumer-endometriosis-painful-surgeries-symptoms-lonely-disease/
https://turnbackhoax.id/2024/01/15/salah-vaksin-covid-mrna-menyebabkan-vaids-vaccine-acquired-immunodeficiency-syndrome/