[SALAH] MUI, MUHAMMADIYAH DAN NU KOMPAK TUNTUT DPR DAN DUKUNG HAK ANGKET

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan pemberitaan terkait MUI, NU dan Muhammadiyah kompak dukung hak angket. Selain thumbnail merupakan hasil rekayasa, dalam video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak mendukung klaim.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/HLR4-ZFA4
https://perma.cc/AH8V-BBXP
https://perma.cc/5Z9E-YR4A (Youtube)

=======

[NARASI]:
GEMPUR DPR !! MUI, NU DAN MUHAMMADIYAH KOMPAK DUKUNG HAK ANGKET

BREAKING NEWS
DUKUNG HAK ANGKET
3 ORMAS TERBESAR INDONESIA KOMPAK TUNTUT DPR

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama KOPI POLITIK bernarasikan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kompak mendukung hak angket.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang menampilkan gedung DPR tersebut merupakan hasil manipulasi. Isi video tersebut hanya menampilkan beberapa cuplikan video dan gambar dari peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari tribunnews.com berjudul “Kata 3 Ormas Agama soal Usulan Hak Angket untuk Ungkit Dugaan Kecurangan Pemilu, Beri Jawaban Kompak” yang dimuat pada 6 Maret 2024.

Artikel tersebut membahas tentang tiga organisasi berbasis keagamaan yaitu MUI, NU dan Muhammadiyah yang turut angkat suara saat ditanya terkait hak angket.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim MUI, NU dan Muhammadiyah kompak dukung hak angket tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://wow.tribunnews.com/2024/03/06/kata-3-ormas-agama-soal-usulan-hak-angket-untuk-ungkit-dugaan-kecurangan-pemilu-beri-jawaban-kompak