[SALAH] Gempa 10,9 Magnitude Guncang Sabang Aceh 14 Maret 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Isi video tidak memberikan penjelasan yang sesuai pada klaim jika benar telah terjadi gempa 10,9 magnitude yang menerjang Sabang, Aceh. Gempa yang terjadi di Aceh hanya sebesar 4,2 magnitude.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/KgM5Ef_LVPw (arsip)

===========

[NARASI]: “BENCANA ALAM TERBARU ~ PUNCAK SABANG BERDUKA, BARU SAJA GEMPA MAGNITUDE 10,9 GUNCANG SABANG ACEH”

===========

[PENJELASAN]: Pada 14 Maret 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul mengenai terjadinya gempa berkekuatan magnitude 10,9 guncang Sabang, Aceh.

Namun, setelah disimak ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh Tribratanews yang berjudul “Gempa Magnitudo 4,2 Guncang Wilayah Sabang, Aceh Hari Ini”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa terjadi gempa sebesar 10,9 magnitude.

Sementara itu, ternyata fenomena tersebut terjadi pada 12 Februari 2024. Gempa 4,2 magnitude tersebut terjadi pada pukul 00.21 WIB. Belum diketahui ada atau tidaknya korban jiwa dan dampak kerusakan dari peristiwa ini. 

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan terjadinya gempa sebesar 10,9 magnitude yang mengguncang Sabang, Aceh adalah tidak benar. Faktanya gempa yang terjadi di Aceh Besar, Aceh hanya sebesar 4,2 magnitude.

===========

 [REFERENSI] :

https://tribratanews.polri.go.id/blog/nasional-3/gempa-magnitudo-42-guncang-wilayah-sabang-aceh-hari-ini-71273