[SALAH] UNDIAN BERHADIAH MOBIL DAN MOTOR OLEH BANK KALSEL

Pihak Bank Kalsel telah menyatakan bahwa undian tersebut adalah HOAKS.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/ KONTEN TIRUAN

===

SUMBER: WHATSAPP

===

NARASI:

“Khusus Nasabah BANK KALSEL Yang Sudah Menggunakan *Mobile Banking & SmS Banking* UNDIAN TABUNGAN GEBYAR BANK KALSEL Berhadiah dari BANK KALSES# Hadir lagi, Ayo buruan Daftar agar memenangkan Grand Prize Seperti: – Grand Prize Mobil -1 unit mobil Alphard-1 unit mobil CR-V Turbo -1 unit mobil HR-V CVT -1 unit mobil Xpander -1 unit mobil Fortuner -1 unit mobil BR-V -1 unit mobil Brio -1 unit Mobil BMW. -10 unit Motor Scopy -8 unit Motor Xmax – 10 unit TV Led 50 in. – 20 unit Smartphone promax 14 – 100emas batangan & Logam mulia. – 10 Paket Wisata singgapore – 10 Paket Umroh Gratis Masih banyak keuntungan lainnya… Info lebih lanjut tentang pendaftaran (UNDIAN GEBYAR TABUNGAN BANK KALSEL) silakan klik menu (Daftar) Yang kami telah sediahkan..”

===

PENJELASAN: Beredar narasi melalui WhatsApp informasi seputar adanya undian berhadiah yang diadakan oleh Bank Kalsel. Menurut narasi yang beredar, disebutkan bahwa undian tersebut akan diperuntukkan bagi seluruh nasabah Bank Kalsel. Bagi nasabah yang ingin mendapat hadiah undian, mereka diminta untuk mengklik tautan yang sudah disertakan dalam narasi.

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui jika undian berhadiah oleh Bank Kalses tersebut adalah PALSU. Melansir dari beritasatu.com, pihak Bank Kalsel menyatakan jika pihaknya tidak pernah membuat undian seperti halnya narasi yang beredar. Masyarakat diimbau waspada terhadap segala bentuk penipuan yang mencatut Bank Kalsel, dan mencari segala informasi terkait Bank Kalsel hanya di akun resmi @bankkalsel dan @bankkalselsyariah.

Berdasar seluruh referensi, undiah berhadiah mobil, motor, dan peralatan elektronik lainnya adalah undian PALSU. Pesan tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori imposter content atau konten tiruan.

===

REFERENSI:

https://www.beritasatu.com/network/wartabanjar/127712/waspada-modus-penipuan-mengatasnamakan-bank-kalsel-hadiah-alphard
https://kalimantanpost.com/2024/03/waspada-modus-penipuan-mengatasnamakan-bank-kalsel-hadiah-alphard/