[SALAH] Seorang Pria Ditangkap Karena Membentangkan Bendera British di Depan Kerumunan Aksi Bela Palestina di Kota Liverpool

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya video penangkapan tersebut sama sekali bukan karena ia mengibarkan bendera British di tengah aksi bela Palestina, pihak kepolisian London mengatakan jika pria itu ditangkap karena telah mengganggu aksi bela Palestina di Liverpool tersebut.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/C8bmb(arsip)

===========

[NARASI]: “British man arrested for waving BRITISH flag.

Police in Liverpool arrested the man on Monday for flying his countries flag in front of a group of Pro-Palestinian protesters waving Palestinian flags.”

Terjemahan: “Seorang pria Inggris ditangkap karena mengibarkan bendera BRITISH.

Polisi di Liverpool menangkap pria itu pada hari Senin karena mengibarkan bendera negaranya di depan sekelompok pengunjuk rasa Pro-Palestina yang mengibarkan bendera Palestina.”

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah video menunjukkan seorang pria diamankan polisi selama aksi bela Palestina di Kota Liverpool beredar di media sosial. Video tersebut membagikan rekaman dengan klaim bahwa pria itu ditangkap hanya karena mengibarkan bendera British.

Menanggapi video yang beredar, pihak kepolisian Merseyside telah memberikan klarifikasi melalui unggahan di akun X/Twitter mereka @MerseyPolice. 

Dalam penjelasan yang diberikan, pihak kepolisian mengatakan jika pria tersebut ditangkap karena ia telah membuat aksi bela Palestina tersebut menjadi tidak kondusif dengan meneriaki kata-kata kasar kepada para peserta aksi.

Berdasarkan hal tersebut maka disimpulkan jika penangkapan pria tersebut bukan karena dia mengibarkan bendera British di tengah jalannya aksi dukungan Palestina di Kota Liverpool, tetapi ia ditangkap karena telah membuat situasi tidak kondusif selama aksi bela Palestina tersebut dilaksanakan.

===========

 [REFERENSI] :

https://twitter.com/MerseyPolice/status/1755284648328839519