[SALAH] Salah Satu Gerai McDonald di Prancis Mendapat Kiriman Truk Berisi Kotoran Hewan Karena Telah Mendukung Israel

Hasil periksa fakta Panji

Video tersebut merupakan bentuk protes para peternak lokal Prancis kepada McDonald yang terlalu banyak mengimpor daging dari luar negeri, aksi tersebut tidak ada sangkutannya dengan isu politik antara Palestina dengan Israel.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/5rnzu (arsip)

===========

[NARASI]: “Pictures from #France… A protest by pouring animal dung in front of a McDonald’s branch that supports occupied Israel… This should be the treatment everyone who supports Israel deserves.”

Terjemahan: Gambar dari #Prancis… Protes dengan menuangkan kotoran hewan di depan cabang McDonald’s yang mendukung Israel… Ini harus menjadi perlakuan yang kayak diterima setiap orang yang mendukung Israel

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar video di Facebook sebuah video yang menampilkan sebuah truk yang menuangkan muatan berisi kotoran hewan di depan salah satu gerai McDonald di Prancis. Unggahan video tersebut juga disertai dengan narasi jika hal tersebut merupakan bentuk protes kepada McDonald yang pro kepada Israel.

Namun, setelah dilakukan pencarian gambar ditemukan hasil temuan jika video tersebut identik dengan video yang diunggah oleh media Prancis, L’est Republicain, yang berjudul “Haute-Saône : en colère, les agriculteurs déversent des tonnes de fumier devant deux fast-food à Vesoul” atau yang diterjemahkan menjadi “Haute-Saone: marah, para peternak membuang banyak kotoran hewan di depan dua restoran cepat saji di Vesoul”.

Dilansir dari media News in France, aksi protes para peternak tersebut dilakukan sebagai bentuk kekecewaan mereka kepada dua restoran cepat saji McDonald dan Burger King yang dianggap terlalu banyak mengimpor daging dari luar alih-alih menggunakan daging hasil peternakan lokal untuk memproduksi makanan.

Berdasarkan hasil penelusuran tersebut maka dapat disimpulkan jika video merupakan bentuk protes peternak lokal Prancis kepada McDonald yang terlalu banyak mengimpor daging dari luar negeri, aksi tersebut tidak ada sangkutannya dengan isu politik antara Palestina dengan Israel.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.estrepublicain.fr/economie/2023/11/24/haute-saone-en-colere-les-agriculteurs-deversent-des-tonnes-de-fumier-devant-deux-fast-food-a-vesoul

https://newsinfrance.com/in-vesoul-a-hundred-farmers-dump-manure-in-front-of-mcdonalds-and-burger-king/