[SALAH] Gelombang Setinggi 10 Meter Meluap di NTT Pada 16 Maret 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Faktanya isi video tersebut hanya berisi himbauan dari BMKG mengenai potensi gelombang setinggi 6 meter dan banjir rob di beberapa wilayah perairan Indonesia, selain dari itu tidak ditemukan informasi yang membenarkan adanya peristiwa gelombang setinggi 10 meter yang melanda NTT.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/AUIKUL3qpuE  (arsip)

===========

[NARASI]: “:red_circle:LIVE; NTT SEKARAT HARI INI… GELOMBANG TINGGI 10 METER MELUAP HINGGA HANYUTKAN TEMPAT USAHA”

===========

[PENJELASAN]:

Muncul sebuah klaim di Youtube pada 16 Maret 2024 mengenai klaim yang mengatakan jika telah terjadi peristiwa meluapnya gelombang setinggi 10 meter yang melanda wilayah NTT hingga hanyutkan tempat usaha.

Namun, setelah disimak ternyata isi video tersebut hanya berisi tentang perkiraan BMKG mengenai  mengenai potensi gelombang setinggi 6 meter dan banjir rob di beberapa wilayah perairan Indonesia.

Mengutip dari Beritasatu.com, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa Bibit Siklon Tropis 91S di sebelah selatan Jawa dan juga Bibit Siklon Tropis 94S di Laut Timor sampai tenggara NTT menyebabkan peningkatan kecepatan angin hingga 35 knot, yang berdampak pada ketinggian gelombang.

Selama periode 14-18 Maret 2024, perairan di Samudra Hindia selatan Jawa Timur hingga NTB berpotensi mengalami gelombang sangat tinggi dengan ketinggian mencapai 4-6 meter. Selain itu, banjir rob juga dapat terjadi di sejumlah wilayah pesisir Indonesia. Masyarakat diminta tetap tenang, tetapi tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang mungkin timbul.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai adanya gelombang setinggi 10 meter yang melanda NTT. Selain itu, narator juga hanya membacakan ulang sebuah artikel berjudul “Gelombang Tinggi 6 Meter dan Banjir Rob Berpotensi Terjadi di Wilayah Ini hingga 18 Maret 2024” yang diterbitkan oleh Beritasatu.com.

===========

 [REFERENSI] :
https://www.beritasatu.com/nusantara/2805104/gelombang-tinggi-6-meter-dan-banjir-rob-berpotensi-terjadi-di-wilayah-ini-hingga-18-maret-2024