[SALAH] Taylor Swift Kenakan Kaos Menolak Donald Trump Menjadi Presiden Lagi

Hasil periksa fakta Panji

Foto tersebut merupakan hasil editan dengan menggunakan foto Taylor Swift saat menghadiri acara Time 100 Gala pada 2019 yang lalu, Taylor Swift memang pernah membuat pernyataan yang menentang Trump menjadi presiden kembali di tahun 2020, tetapi tidak ada bukti mengenai kaos anti-Trump yang dikenakan dalam foto tersebut.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: X/Twitter https://ghostarchive.org/archive/yWyui (arsip)

===========

[NARASI]: “Retweet if you’re with Taylor. ✋🏽”

Terjemahan: “Tweet ulang jika kamu setuju dengan Taylor”

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar foto penyanyi asal Amerika Serikat, Taylor Swift, memperlihatkan dia sedang mengenakan kaos yang bertuliskan “NOPE not again” dengan desain dasi merah dan rambut pirang, merujuk pada Donald Trump dan tawarannya untuk kembali mencalonkan diri menjadi presiden.

Untuk memastikan kebenaran dari foto tersebut, dilakukan pencarian gambar yang akhirnya mendapat hasil temuan jika foto wajah Taylor Swift tersebut memiliki kemiripan dari foto yang diambil pada saat ia menghadiri acara Time 100 Gala tahun 2019 lalu yang diselenggarakan oleh majalah Time. Foto tersebut akhirnya diedit sehingga Taylor Swift nampak sedang mengenakan kaos anti-Trump tersebut.

Pada tahun 2020 Taylor Swift sendiri memang pernah mengunggah sebuah pernyataan di X/Twitter yang menentang Donald Trump untuk terpilih menjadi presiden kembali, tetapi selain dari hal itu tidak ditemukan bukti lain mengenai Taylor Swift mengenakan kaos anti-Trump tersebut.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.eonline.com/news/1035086/taylor-swift-dazzles-in-princess-inspired-gown-at-2019-time-100-gala

https://twitter.com/taylorswift13/status/1266392274549776387