[SALAH] Gempa di Nias Mencapai Kekuatan 9,8 Magnitudo

Hasil periksa fakta Panji

Isi video hanya menjelaskan jika kekuatan gempa hanya berkisar 4,1 magnitudo saja dan tidak ada penjelasan lebih lanjut yang mengatakan ribuan rumah hancur akibat gempa.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/dk3CywHOrSk (arsip)

===========

[NARASI]: “BENCANA ALAM TERBARU ~ NIAS SELATAN BERDUKA,BARU SAJA GEMPA MAGNITUDE 9,8L6 GUNCANG IBU KOTA”

===========

[PENJELASAN]: Pada 15 Maret 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul mengenai gempa bumi yang berkekuatan 9,8 magnitudo guncang wilayah Nias.

Saat disimak ternyata isi dari video tersebut narator hanya membawakan sebuah berita terbitan TribrataNews berjudul “Gempa Magnitudo 4,1 Guncang Wilayah Nias Selatan, Sumut, Hari Ini” yang diunggah pada 13 Maret 2024.

Dalam artikel berita tersebut hanya dijelaskan jika gempa terjadi di Nias Selatan, Sumut, kemarin hanya berkekuatan 4,1 magnitudo saja, tidak mencapai kekuatan 9,8 magnitudo seperti yang tertera pada judul video.

Berdasarkan beberapa sumber tersebut tidak dijelaskan jika gempa mencapai kekuatan 9,8 magnitudo telah mengguncang Nias, informasi sebenarnya yang diberikan dalam video tersebut hanya menyebutkan jika kekuatan gempa hanya sebesar 4,1 magnitudo saja dan tidak diinformasikan mengenai adanya kerusakan akibat gempa.

===========

 [REFERENSI] :

https://tribratanews.polri.go.id/blog/nasional-3/gempa-magnitudo-41-guncang-wilayah-nias-selatan-sumut-hari-ini-71289