[SALAH] Video Sebagian Besar Burung Mati Membeku Akibat Suhu Minus 52 Derajat di Xinjiang

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya burung-burung yang mati membeku dalam video tersebut bukan di Xinjiang melainkan di Dakota Selatan, Amerika Serikat.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.is/SlLfC

= = =

Narasi:

“Suhu di beberapa bagian Xinjiang turun hingga minus 52 derajat (turun tiba-tiba 45 derajat), dan sebagian besar burung air mati… Diperkirakan mereka semua mati…”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Twitter yang diklaim sebagian besar burung air mati di Xinjiang karena suhu yang menurun hingga minus 52 derajat.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video tersebut berada di Dakota Selatan, Amerika Serikat bukan di Xinjiang China. Chris Elphick, profesor ekologi dan biologi evolusi di Universitas Connecticut melalui AFP menyebut bahwa hewan dalam video tersebut adalah angsa salju yang tidak cocok dengan spesies angsa mana pun di China.

Dua profesor di Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok yakni Ming Ma dan Feng Xu juga membantah bahwa video tersebut berada di China. Feng Xu menambahkan bahwa tidak ada kematian burung secara massal di Xinjiang karena penurunan suhu mendadak atau flu burung.

Dengan demikian, video banyak burung mati di Xinjiang, China karena suhu minus 52 derajat adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34KW2FC

= = =