[SALAH] Kebakaran Hutan di Texas untuk Membuka Lahan yang Akan Dibangun “Smart City”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya Texas State University mengatakan bahwa kekeringan dan suhu yang tinggi telah memicu kebakaran hutan di Texas dalam beberapa tahun terakhir.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://archive.is/EC8WR

= = =

Narasi:

“Kebakaran di Texas Memiliki Beberapa Hal yang Sangat Mengkhawatirkan ‘Kebetulan’ Ada Proyek Kota Cerdas yang Direncanakan Di Amarillo Texas. Terdapat ‘rencana komprehensif’ untuk ‘memperbarui kota’ di sekitar lokasi kebakaran ini… Orang yang Sama yang Ingin Membangun Kembali Maui & Chili. ‘Jika Anda kebetulan melihat proyek Texas di Kanada, hal ini juga terjadi, yang melibatkan individu yang sama yang mengaku ingin membangun kembali di Maui dan Chile.’ Terdapat ‘rencana komprehensif’ untuk ‘memperbarui kota’ di sekitar lokasi kebakaran ini…Maksudku, apa kemungkinannya?!?! Ada distrik logistik manufaktur yang menggunakan jaringan koneksi hingga ke ujung-ujungnya… tepat di tempat terjadinya kebakaran!! Luar biasa! Semua orang perlu menonton ini dan mendengarkan ini dari awal sampai akhir, INI GILA :siren:”

= = =

Penjelasan:

Sebuah postingan di Twitter menyebut bahwa kebakaran hutan di Texas, Amerika Serikat dilakukan untuk membuka lahan yang akan menjadi proyek “Smart City”. Diketahui pada awal 2024 ini Texas mengalami kebakaran hutan terburuk sepanjang sejarahnya.

Namun Texas State University mengatakan bahwa selama beberapa tahun terakhir kekeringan yang intens dan suhu yang tinggi telah memicu kebakaran hutan di Texas, sehingga kebakaran hutan di Texas disebabkan oleh fenomena alam.

Mengutip dari AFP, the Texas A&M Forest Service menyebut bahwa secara historis sekitar 90 persen kebakaran hutan di Texas juga disebabkan oleh aktivitas manusia, seperti pembakaran puing sisa pembuangan atau kelalaian manusia.

The Texas A&M Forest Service juga menjelaskan bahwa kebakaran pada 8 Maret 2024 disebabkan oleh sulut kabel listrik dari perusahaan Xcel Energy ditambah dengan kekeringan dan berangin di sekitar hutan yang membantu penyebaran api.

Diketahui memang ada rencana untuk mendorong perkembangan ekonomi dan peningkatan kualitas hidup masyarakat di wilayah Amarillo, Kota Texas dengan teknologi terbarukan seperti menciptakan asisten digital untuk membantu masyarakat mendapatkan pelayanan kota, membuat jaringan internet fiber, dan akses listrik pintar. Tidak secara fisik membangun “Smart City” baru sehingga membakar hutan untuk membuka lahan.

Dengan demikian, kebakaran hutan di Texas ada kaitannya dengan pembangunan “Smart City” adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34KX9UW

= = =