[SALAH] Foto Patung Salju Festival Salju Sapporo Jepang Karya Seniman Thailand yang Juara 2

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya foto-foto yang ditampilkan dalam postingan tersebut adalah hasil buatan AI.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: TikTok

https://perma.cc/CYA6-AU3Q

= = =

Narasi:

“Masyarakat Thailand tidak kalah dengan bangsa manapun di dunia.”

“#Ukiran salju #Orang Thailand dengan lebih dari seratus hati🇹hon #Hati seorang pejuang:heart: #Masyarakat Thailand tidak kalah dengan bangsa manapun di dunia Selamat kepada tim thailand snow carving :flag-th: pada kompetisi snow carving dengan meraih juara runner-up pada Festival Salju Sapporo 2024, Jepang”

= = =

Penjelasan:

Sebuah postingan TikTok menunjukkan beberapa foto yang diklaim merupakan hasil karya seniman patung salju asal Thailand yang menang juara 2 dalam perlombaan Festival Salju Sapporo 2024 Jepang. Patung tersebut menyerupai naga.

Namun faktanya hasil penelusuran AFP menunjukkan bahwa foto-foto tersebut adalah asli buatan AI, bukan foto asli dari karya seniman patung salju asal Thailand yang keluar sebagai runner-up atau juara dua dalam perlombaan Festival Salju Sapporo 2024 di Jepang.

Kendati demikian, karya asli yang fotonya telah dipublikasi melalui Bangkok Post memang merupakan patung salju yang menyerupai naga.

Dengan demikian, foto patung salju karya seniman asal Thailand yang juara 2 di Festival Salju Jepang adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34KB4XX

https://www.bangkokpost.com/life/social-and-lifestyle/2738729/thai-ice-sculptures-naga-fireballs-wins-second-place-in-sapporo-contest

= = =