[SALAH] Foto Dokter-dokter di Korea Selatan Mogok Kerja pada Februari 2024

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya foto tersebut adalah aksi pawai duka atas berpulangnya dokter ahli bedah ortopedi, dr. Jia Binbin yang tewas karena pertikaiannya dengan seorang pria mabuk di Rumah Sakit Luanchuan County People’s di Henan, China pada Januari 2015.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://perma.cc/E4MY-G8L8

= = =

Narasi:

“Para dokter ini melakukan aksi ini dan melumpuhkan sistem medis untuk mempertahankan gaji mereka yang berjumlah ratusan juta won. Dokter.. Anda tahu bahwa Anda akan dihukum.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah foto yang menunjukkan puluhan dokter berkumpul yang diklaim sedang melakukan mogok kerja hingga melumpuhkan sistem medis di rumah sakit sebagai bentuk protes untuk mempertahankan gaji mereka yang berjumlah ratusan juta Won Korea Selatan pada Februari 2024.

Namun faktanya klaim yang disematkan pada foto tersebut menyesatkan. Dilansir dari AFP, dokter-dokter dalam foto tersebut sedang melakukan aksi pawai duka atas berpulangnya dokter ahli bedah ortopedi, dr. Jia Binbin yang tewas karena pertikaiannya dengan seorang pria mabuk di Rumah Sakit Luanchuan County People’s di Henan, China pada Januari 2015.

Dengan demikian, dokter di Korea Selatan mogok kerja pada Februari 2024 adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34KD233

https://www.scmp.com/news/china/article/1692597/hebei-hospital-staff-mourn-death-colleague-after-fatal-attack

= = =