[SALAH] Video Penangkapan Pencoblos Gelap di Makassar Berkaitan dengan Pemilu 2024

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya video penangkapan pencoblos gelap tersebut merupakan kejadian yang terjadi pada saat Pemilu tahun 2019 yang lalu, sehingga video tersebut tidak ada kaitannya dengan Pemilu tahun 2024 ini.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Snack Video https://ghostarchive.org/archive/UHNTT (arsip)

===========

[NARASI]: “Viral pencoblos gelap di Makassar”

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah unggahan di Snack Video yang menunjukan video penangkapan seorang pencoblos gelap di Makassar. Video yang disertai dengan #infoPemilu2024 tersebut diunggah pada 14 Februari 2024 kemarin dan sudah disebarkan sebanyak lebih dari 4 ribu kali.

Klip, yang berdurasi sekitar 4 menit tersebut, memperlihatkan seorang pria yang duduk di ruang tamu sambil tertunduk diam dan juga ada pria yang berteriak pada beberapa orang lain di sebuah rumah, “Di mana Bawaslu? Saya akan melaporkanmu!”.

Namun, tampaknya video tersebut tidak ada kaitannya dengan Pemilu 2024 ini. Setelah dilakukan pencarian gambar, ditemukan video serupa yang diunggah oleh channel Youtube Tribun Timur dengan judul “Polsek Rappocini Amankan Ketua KPPS dan Dua Pemilih ‘Bayangan’, Ini Kasusnya” yang telah diunggah pada 19 April 2019 lalu.

Saat itu, Ketua KPPS serta dua orang pemilih siluman kepergok saat hendak melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 34, Kelurahan Banta-bantaeng, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada Pemilihan Umum 17 April 2019.

“Jadi ada dua pemuda Flores datang ke TPS 34, bawa C6 milik orang lain, keduanya bukan warga situ, sehingga warga protes dan mereka nyaris dihakimi,” kata Kapolsek Rappocini Kompol Edy Supriyadi.

Melalui hal tersebut maka dapat disimpulkan jika video yang mengklaim penangkapan pemilih gelap di Pemilu 2024 ini adalah informasi yang keliru, video tersebut merupakan kejadian yang terjadi pada saat Pemilu 2019 yang lalu.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=4LWkMON-tn0

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2785/keliru-video-yang-diklaim-warga-makassar-tangkap-pemilih-siluman-pada-pemilu-14-februari-2024