[SALAH] Foto Taylor Swift Bentangkan Spanduk Berisi Dukungan Kepada Donald Trump di Tengah Pertandingan American Football

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya video yang memperlihatkan Taylor Swift mengangkat spanduk yang berisi dukungan kepada Donald Trump merupakan hasil rekayasa visual saja, berdasarkan dari temuan sumber asli foto, tidak memperlihatkan jika benar Taylor Swift dengan membawa spanduk tersebut.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: X/Twitter https://ghostarchive.org/archive/F8GbY (arsip)

===========

[NARASI]: “She finally came around!” (dia akhirnya sependapat!)

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar video di X/Twitter yang menampilkan video Taylor Swift yang memegang sebuah spanduk bertuliskan “Trump won democrats cheated” yang jika diartikan menjadi “Trump (seharusnya) menang, demokrasi telah dicurangi”. 

Ungkapan di spanduk tersebut mengacu pada pernyataan Donald Trump bahwa pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2020 kemarin ia telah dicurangi dan seharusnya dia lah yang terpilih menjadi presiden, bukan Joe Biden. Melalui hal tersebut Taylor Swift pun diklaim bahwa ia secara terang-terangan memberikan dukungannya kepada Trump.

Namun, saat dilakukan pencarian darimana sumber asli foto tersebut dengan menggunakan pencarian gambar, ditemukan hasil jika video tersebut memiliki kemiripan dengan foto Taylor Swift yang sedang menonton pertandingan American Football antara tim Chicago Bears dan Kansas City. Diketahui Taylor Swift sedang memiliki hubungan asmara dengan seorang pemain Kansas City yang bernama Travis Kelce, hal itulah yang membuat ia datang menonton pertandingan tersebut.

Jika dibandingkan dengan sumber asli foto tersebut maka akan nampak sekali perbedaan di antara keduanya, pada foto aslinya tersebut Taylor Swift tidak terlihat sedang membawa spanduk apapun yang berkaitan dengan isu politik yang ada Amerika Serikat. Dengan demikian dapat disimpulkan jika video yang memperlihatkan Taylor Swift sedang memegang spanduk dukungan untuk Donald Trump adalah hasil rekayasa visual.

===========

 [REFERENSI] :

https://deadline.com/2023/09/taylor-swift-travis-kelce-chiefs-game-lets-fucking-go-fox-broadcast-1235554876/

https://e.vnexpress.net/news/celebrities/taylor-swift-allegedly-invests-500000-in-boyfriend-travis-kelces-fashion-makeover-4721318.html

https://turnbackhoax.id/2024/03/13/salah-taylor-swift-membawa-spanduk-berisi-dukungan-untuk-donald-trump-di-grammy-award/