[SALAH] Cristiano Ronaldo Angkat Bendera Palestina Usai Menang Pertandingan

Hasil periksa fakta Panji

Klaim jika CR7 membentangkan bendera Palestina seusai pertandingan tersebut adalah salah, faktanya orang yang ada dalam video tersebut merupakan pesepakbola Timnas Maroko bernama Jawad El Yamiq yang membentangkan bendera Palestina setelah Maroko berhasil mengalahkan Kanada di Piala Dunia 2022.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: X/Twitter https://ghostarchive.org/archive/7v7bN (arsip)

===========

[NARASI]: “Christiano Ronaldo is supporting Palestine by raising their flag after victory ” (Christiano Ronaldo mendukung Palestina dengan mengangkat bendera mereka setelah kemenangan)

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar video di X/Twitter yang mengklaim bahwa superstar Portugal, Cristiano Ronaldo, menunjukkan dukungannya terhadap Palestina dengan mengibarkan benderanya di lapangan seusai pertandingan.

Namun, klaim tersebut ternyata keliru, pesepakbola yang ada dalam video bukanlah CR7 tetapi pesepakbola Maroko bernama Jawad El Yamiq. Selain itu, videonya bukan dari waktu baru-baru ini, tetapi dari rekaman Piala Dunia FIFA 2022 ketika Maroko mengalahkan Kanada.

Berdasarkan hasil penelusuran, sumber asli video tersebut berasal dari akun sosial media X/Twitter @MiddleEastEye yang diunggah pada 22 Desember 2022 yang lalu. Video tersebut disertai dengan caption “WATCH: Moroccan player Jawad El Yamiq celebrates his team’s win over Canada and advancing to the knockout stages of the World Cup with a Palestinian flag.” atau yang jika diterjemahkan menjadi, “TONTON: Pemain Maroko Jawad El Yamiq merayakan kemenangan timnya atas Kanada dan maju ke babak sistem gugur Piala Dunia dengan bendera Palestina,”.

Dengan demikian maka dapat disimpulkan jika klaim jika CR7 membentangkan bendera Palestina seusai pertandingan adalah salah, faktanya orang yang ada dalam video tersebut merupakan pesepakbola Timnas Maroko bernama Jawad El Yamiq.

===========

 [REFERENSI] :

https://twitter.com/MiddleEastEye/status/1598400917300449282

https://bola.bisnis.com/read/20221202/397/1604523/lolos-16-besar-timnas-maroko-kibarkan-bendera-palestina-di-lapangan