[SALAH] Taylor Swift Membawa Spanduk Berisi Dukungan Untuk Donald Trump di Grammy Award

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya video yang memperlihatkan Taylor Swift mengangkat spanduk yang berisi dukungan kepada Donald Trump merupakan hasil rekayasa visual saja, berdasarkan 2 sumber video yang berbeda keduanya sama-sama tidak memperlihatkan jika benar Taylor Swift dengan membawa spanduk tersebut.

===========

[KATEGORI]: Konten satire

===========

[SUMBER]: X/Twitter https://ghostarchive.org/archive/BaX4V (arsip)

===========

[NARASI]: “Thank you @taylorswift13  #Swifties #Trumpwon Send me your liberal tears. I’m thirsty.”

Terjemahan: “Terima Kasih @taylorswift13  #Swifties @Trumpmenang kirimkan aku air mata liberal kamu, aku haus”

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar video di X/Twitter yang menampilkan video Taylor Swift yang sedang berada di red carpet acara Grammy Awards sambil memegang sebuah spanduk bertuliskan “Trump won democrats cheated” yang jika diartikan menjadi “Trump (seharusnya) menang, demokrasi telah dicurangi”. 

Ungkapan di spanduk tersebut mengacu pada pernyataan Donald Trump bahwa pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2020 kemarin ia telah dicurangi dan seharusnya dia lah yang terpilih menjadi presiden, bukan Joe Biden.

Melalui hal tersebut Taylor Swift pun diklaim bahwa ia secara terang-terangan memberikan dukungannya kepada Trump. Namun, setelah dilakukan pencarian darimana sumber asli video tersebut dengan menggunakan pencarian gambar, ditemukan hasil jika video tersebut memiliki kemiripan dengan video yang diunggah di Youtube milik Recording Academy / GRAMMYs yang berjudul “TAYLOR SWIFT | Fashion Cam | 2024 GRAMMYs”.

Kemudian ditemukan juga video serupa yang diunggah akun X/Twitter @variety, pada video tersebut juga sama sama menampilkan momen pada saat Taylor Swift berdiri di red carpet Grammy Award 2024. Dari hasil temuan 2 video berbeda sumber tersebut, keduanya sama-sama tidak memperlihatkan jika benar Taylor Swift sedang memegang spanduk berisi dukungannya untuk Donald Trump.

Dengan demikian dapat disimpulkan jika video yang memperlihatkan Taylor Swift sedang memegang spanduk dukungan untuk Donald Trump adalah hasil rekayasa visual.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=3rU71idaTZk

https://twitter.com/Variety/status/1754308552317976807