[SALAH] Sumur Resapan Anies Baswedan Ditutup dan Sebabkan Banjir

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Sebuah unggahan di media sosial Tiktok menarasikan sumur resapan yang dibuat pada era Anies Baswedan saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta ditutup sehingga menyebabkan banjir. Faktanya klaim tersebut tidak benar, apabila ada sumur resapan yang ditutup Dinas Sumber Daya Air akan melakukan pengecekan dan pemeliharaan agar sumur dapat berfungsi seterusnya.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/zy9Ns  (arsip)

===========

[NARASI]: “Sumur resapan ditutup demi menghapus rekam jejak Anies Baswedan katanya sumur resapan tidak ada manfaatnya, dan stelah Jakarta ditingal Anies apa yang terjadi sekarang ?? BANJIR LAGI”

===========

[PENJELASAN]: Dalam unggahan video Tiktok yang diunggah pada 1 Maret 2024 tersebut memberikan sebuah klaim bahwa sumur resapan yang dibuat pada era Anies Baswedan saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sekarang ditutup sehingga menyebabkan banjir.

Dilansir dari antaranews.com, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan tidak benar sumur resapan di Jakarta ditutup sehingga menyebabkan terjadinya banjir beberapa hari lalu seperti yang dinarasikan di media sosial. 

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sumber Daya Air Ika Agustin Ningrum mengatakan bahwa Dinas Sumber Daya Air (SDA) tidak pernah melakukan penutupan sumur resapan di jalan. Apabila ada sumur resapan yang tertutup Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta akan segera melakukan pengecekan untuk pemeliharaan sehingga sumur resapan dapat terus berfunsi tanpa mengganggu keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

Dari bantahan tersebut maka dapat disimpulkan jika klaim yang mengatakan bahwa sumur resapan yang dibuat pada era Anies Baswedan saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sekarang ditutup sehingga menyebabkan banjir adalah tidak benar. Faktanya Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta akan melakukan pengecekan dan pemeliharaan apabila ada sumur resapan yang tertutup.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.antaranews.com/berita/4000725/benarkah-umur-resapan-era-anies-di-jakarta-ditutup-dan-sebabkan-banjir