[SALAH] PENGHITUNGAN SUARA DIHENTIKAN KARENA KECURANGAN PEMILU TERBONGKAR

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Informasi menyesatkan. Faktanya video tersebut hanya berisi gabungan dari beberapa cuplikan video berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/J87T-5763 (Youtube)

=======

[NARASI]:
Hitungan suara di-stop :bangbang: Kpu dan Istana panik kecurangan pemilu terbongkar

PENGHITUNGAN DI STOP
KPU DAN ISTANA KALANG KABUT, KECURANGAN TERBONGKAR

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama REDAKSI TV yang menampilkan thumbnail seorang presenter perempuan bersama tim pemenangan para calon presiden dan wakil presiden 2024 dengan narasi yang menyatakan bahwa penghitungan suara dihentkan karena kecurangan pemilu terbongkar.

Setelah ditelusuri, video tersebut hanya menampilkan beberapa cuplikan dari video berbeda yang digabung menjadi satu dan tidak mendukung klaim narasi yang beredar.

Thumbnail yang menampilkan presenter wanita bersama tim pemenangan dari para calon presiden dan wakil presiden 2024 tersebut merujuk ke salah satu video yang diunggah oleh channel youtube resmi CNBC Indonsia berjudul “Tim Ganjar Soroti Biaya IKN, AMIN Pertanyakan Studi Kelayakan” yang tayang pada 23 November 2023.

Dalam video tersebut membahas tentang kelanjutan pembangunan proyek infrastruktur dan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) di tangan penerus Jokowi.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim penghitungan suara dihentkan karena kecurangan pemilu terbongkar tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.youtube.com/watch?v=a_Ky7WfP0ik&ab_channel=CNBCIndonesia