[SALAH] Tangkapan Layar Ganjar Menyinggung Kenaikan Pangkat Prabowo di Twitter

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya Ganjar tidak pernah membuat postingan Twitter seperti pada tangkapan layar tersebut. Ganjar telah mengkonfirmasi bahwa tangkapan layar tersebut adalah hoaks.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.ph/Y2onq

= = =

Narasi:

“Itu tugas Buzzer bos. Capres ko gini2 amat ya,”

“Ko twit nya dihapus lagi pak?? miris sekali liat twit bapak seperti itu, angkuh sekali bapak ini!”

“Ada karyawan yang udah di pecat tapi masih dapat bintang 4?? Masuk akal gak?? Hehe ‘sampean punya orang dalam, sampean punya kuasa’ salam akal sehat”

“Pak prabowo dapat bintang kehormatan pun masih bapak komentarin”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah tangkapan layar yang menunjukkan Twitter Ganjar Pranowo pada 4 Maret 2024 menyinggung kenaikan pangkat istimewa Jenderal TNI Kehormatan Bintang 4 yang diberikan kepada Prabowo Subianto. Dalam postingan tersebut Ganjar menyebut ada karyawan yang sudah dipecat namun masih mendapatkan kenaikan pangkat.

Namun Ganjar Pranowo melalui akun Twitternya pada 6 Maret 2024 membantah bahwa dirinya pernah membuat postingan tersebut. “Saya tegaskan bahwa saya tidak pernah membuat cuitan tersebut. Semoga perkembangan teknologi tidak digunakan untuk memproduksi Hoax semacam ini dan bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih positif,” tegas Ganjar.

Dengan demikian, Ganjar menyinggung kenaikan pangkat Prabowo adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.antaranews.com/berita/3999525/benarkah-unggahan-ganjar-pranowo-terkait-kenaikan-pangkat-bintang-empat-prabowo

https://twitter.com/ganjarpranowo/status/1765233814568415670

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-tangkapan-layar-ganjar-menyinggung-kenaikan-pangkat-prabowo-di-twitter

= = =