[SALAH] Presiden Jokowi Minta Masyarakat Tidak Mengkritik Kenaikan Pangkat Bintang 4 Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Video Jokowi meminta masyarakat tidak mengkritik kenaikan pangkat Prabowo adalah tidak benar. Video tersebut bukan merupakan suara asli milik Jokowi melainkan dibuat oleh artificial intelligence (AI).  

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/SvLJh (arsip)

===========

[NARASI]: “Penjelasan Jokowi tentang kenaikan bintang 4 Bpk Jend Purnawirawan Prabowo”

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah video Facebook yang diunggah 2 Maret 2024 lalu membagikan video yang berisikan klaim jika Presiden Joko Widodo meminta masyarakat tidak protes terhadap kenaikan pangkat Jenderal TNI bintang empat untuk Prabowo.

Setelah dilakukan penelusuran, rupanya video tersebut merupakan video pidato Presiden Jokowi pada saat momen penyematan pangkat bintang 4 kepada Prabowo Subianto pada 28 Februari 2024 kemarin.

Pada pidatonya tersebut Presiden Jokowi tidak mengatakan kalimat mengenai jangan ada yang protes tentang kenaikan pangkat Prabowo Subianto dan juga tidak ada kalimat dari Jokowi mengenai akan memberikan Bintang 7, sebuah merk obat sakit kepala,  kepada masyarakat Indonesia.

Melalui hal tersebut maka dapat dipastikan jika suara Presiden Jokowi dalam klip video Facebook tersebut adalah hasil AI, maka dapat disimpulkan juga jika konten tersebut termasuk dalam konten satir, namun tetap dapat berpotensi mengelabui masyarakat.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=H3HPCLe1ihA

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-presiden-jokowi-minta-masyarakat-tidak-mengkritik-kenaikan-pangkat-bintang-4-menteri-pertahanan-prabowo-subianto