[SALAH] Ayam Broiler Disuntik Hormon untuk Percepat Pertumbuhan

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Faktanya ayam broiler bisa dipanen lebih cepat karena ayam broiler yang sekarang merupakan ayam yang secara genetik diseleksi untuk dapat tumbuh cepat dengan pemeliharaan yang spesifik, terukur, dan disiplin, termasuk pemberian pakan dan kesehatan yang diatur ketat dalam sistem pemeliharaannya.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

==========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/zflFY 

===========

[NARASI]: “Hormon esterogen yang telah disuntikkan pada ayam broiler telah mendarah daging dan melekat pada ayam. Apabila seseorang terlalu sering mengonsumsi ayam broiler, akan mengakibatkan berlebihnya kadar hormon esterogen, sehingga hormon lain di dalam tubuh dapat terganggu bahkan berubah. Resistensi bakteri pun juga akan terjadi pada tubuh manusia yang telah terpapar residu antibiotik. Ini artinya bakteri tertentu akan kebal terhadap antibiotik sejenis, apabila seseorang mengobatinya maka bakteri tersebut tidak akan mati. Tidak hanya itu akibatnya sering muncul penyakit keputihan, asam urat, kolesterol, kanker dll

#ayambroiler #kanker #perempuan

===========

[PENJELASAN]: Muncul sebuah postingan Tiktok pada 14 Agustus 2023 lalu yang menyebarluaskan sebuah informasi tentang bahaya mengkonsumsi ayam broiler.

Pada video yang beredar tersebut berisi sebuah klaim yang mengatakan bahwa hormon estrogen yang telah disuntikkan pada ayam broiler akan mendarah daging dan melekat pada ayam, orang yang terlalu sering mengkonsumsi ayam broiler akan kelebihan kadar hormon estrogen dan mengakibatkan hormon lain dalam tubuh terganggu dan berubah. 

Menurut Dosen Fakultas Peternakan UGM Ali Agus anggapan tersebut tidak benar. Secara teknis tidak memungkinkan menyuntik satu per satu ayam broiler. Selain itu, penyuntikan antibiotik kini sudah tidak dipraktekkan karena sudah dilarang dan kini sudah tidak tersedia kecuali dengan resep dokter hewan.

Hal yang membedakan antara ayam kampung dengan ayam broiler adalah masa panennya. Ayam broiler dapat dipanen dalam waktu 32 hari, sedangkan ayam kampung membutuhkan waktu 70 hari untuk bisa dipanen.

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ketut, turut membantah mengenai isu ayam broiler yang disuntik hormon tersebut. Ketut menjelaskan bahwa ayam broiler yang ada sekarang merupakan ayam yang secara genetik diseleksi untuk dapat tumbuh cepat dengan pemeliharaan yang spesifik, terukur, dan disiplin, termasuk pemberian pakan dan kesehatan yang diatur ketat dalam sistem pemeliharaannya.

Dari bantahan tersebut maka dapat disimpulkan jika klaim tentang bahaya ayam broiler yang dinarasikan dalam video tersebut merupakan informasi yang tidak benar. Ayam broiler dapat dipanen lebih cepat dibandingkan ayam kampung karena faktor genetik, bukan karena mendapat suntikan hormon.

Sebelumnya di turnbackhoax,id juga pernah menemukan klaim serupa mengenai seorang dokter yang mengatakan adanya bahaya mengonsumsi bagian sayap dan kepala ayam broiler karena ayam broiler dikembang biakan dengan suntikan hormon.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.kompas.com/tren/read/2022/05/31/080000365/mitos-ayam-broiler-merupakan-ayam-suntikan-ini-kata-ahli

https://ditjenpkh.pertanian.go.id/berita/1107-penjelasan-kementan-tentang-hoax-ayam-diberi-hormon-pertumbuhan#

https://turnbackhoax.id/2023/09/21/salah-bahaya-sayap-dan-leher-ayam-broiler/

https://turnbackhoax.id/2018/07/24/salah-hati-hati-mengonsumsi-beberapa-bagian-ayam-ini/

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-ayam-broiler-disuntik-hormon-untuk-percepat-pertumbuhan