[SALAH] Pangeran William Masuk Agama Islam

Hasil periksa fakta Panji

Beberapa potongan video yang menampilkan kedekatan Pangeran William dengan komunitas muslim di Inggris hanya merupakan tindakan kemanusiaan yang dilakukan oleh Pangeran William.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/dLpJc (arsip)

===========

[NARASI]: “*Alhamdulillah Pangeran William kerajaan Inggris masuk Islam.*”

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar video di Facebook yang mengklaim jika Pangeran William dan istrinya, Kate Middleton, diisukan akan memeluk agama Islam. Klaim tersebut telah dibagikan di Facebook pada 2 Maret 2024 kemarin.

Saat disimak, video tersebut menampilkan Pangeran William beserta istri yang sedang bertemu dengan beberapa muslim dan mengucapkan “assalamualaikum”. Narator dalam video tersebut juga menyebutkan jika Pangeran William menyerukan untuk menghentikan konflik Israel-Hamas.

Saat dilakukan penelusuran, rupanya potongan video yang ditampilkan tersebut tidak ada kaitan maupun penjelasan mengenai Pangeran William yang berkeinginan masuk Islam. 

Video yang pertama adalah video berjudul “Prince and Princess of Wales visit the Hayes Muslim Centre” yang diunggah di Youtube pada 10 Maret 2023. Kedatangan Pangeran William dan istrinya ke Hayes Muslim Centre adalah untuk mengucapkan terima kasih atas bantuan dan penggalangan dana setelah gempa dahsyat di Turki dan Suriah yang menewaskan lebih dari 50.000 orang.

Lalu video yang berikutnya berasal dari video berjudul “Prince William Sends Message to Muslim Community in New Zealand” yang diunggah di Youtube pada 15 Mei 2020 lalu. Klip tersebut menampilkan Pangeran William mengucapkan assalamualaikum diambil dari momen pertemuan virtual bersama anggota komunitas Muslim Christchurch yang dia temui setahun sebelumnya, setelah serangan teroris masjid Al-Noor dan Linwood.

Sejauh ini pertemuan Pangeran William dengan beberapa masyarakat muslim di Inggris tersebut dilakukan oleh Pangeran William dalam rangka kemanusiaan dan tidak disebutkan adanya tujuan ingin memeluk Islam.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=I6ZdoxywzFk

https://www.youtube.com/watch?v=3NtQzoSqIFU

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-pangeran-william-masuk-agama-islam