[SALAH]: “Kepala Desa Diamuk Warga karena Kecurangan Pemilu Paslon 02 di NTB”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya, kejadian tersebut merupakan Pengeroyokan Kades di Halmahera Selatan saat menggelar sosialisasi yang dirangkaikan dengan penyaluran BLT, serta pembayaran honor dan gaji aparatur desa,  bukan masalah kecurangan pemilu paslon 02.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://perma.cc/3MFM-AY8L

=====

[NARASI]: AMUK MASSA PADA KEPALA DESA, karena PEMILU CURANG. Kejadian di NTB,

=====

[PENJELASAN]:
Channel youtube bernama “BERANTAS TIPIKOR A.L” pada tanggal 1 Maret membagikan video dengan narasi kepala desa diamuk warga karena kecurangan pemilu aslon 02 di NTB.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Salah satu klip pada video tersebut identik dengan video yang diunggah di akun Instagram infobalaraja, video tersebut menjelaskan bahwa kejadian tersebut merupakan Pengeroyokan Kades di Halmahera Selatan, saat menggelar sosialisasi yang dirangkaikan dengan penyaluran BLT, serta pembayaran honor dan gaji aparatur desa, bukan masalah kecurangan pemilu paslon 02.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim tentang kepala desa diamuk warga karena kecurangan pemilu aslon 02 di NTB adalah keliru dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://www.instagram.com/p/C3wque-RNLY/?igsh=d2FvYXZyZ2hoNzFq
https://www.detik.com/sulsel/berita/d-7208333/kades-di-halmahera-selatan-babak-belur-diamuk-warganya-saat-penyaluran-blt