[SALAH] Video Gajah Sedang Berjoget Gembira

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya terdapat dua orang yang menggunakan kostum gajah yang sedang berjoget dalam video tersebut, bukan gajah atau hewan sungguhan yang berjoget.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Twitter

https://perma.cc/3RYH-2EQW

= = =

Narasi:

“Only Sanatan Culture can keep animals happy.”

Terjemahan:

“Hanya Budaya Sanatan yang bisa membuat hewan bahagia.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video yang menunjukkan hewan seperti gajah menari, disebutkan juga dalam postingan Twitter tersebut bahwa Budaya Sanatan yang bisa membuat hewan bahagia hingga seekor gajah bisa menari.

Namun faktanya terdapat dua orang yang menggunakan kostum gajah yang sedang berjoget dalam video tersebut, bukan gajah atau hewan sungguhan. Video tersebut sebelumnya sudah diunggah melalui Instagram @_anil.arts, Anil Kumar yang mengelola Instagram tersebut melalui AFP membenarkan bahwa terdapat dua orang yang menari dalam kostum gajah yang ia rancang tersebut.

Perlu diketahui Gajah dianggap suci dalam mitologi Hindu. Mengutip dari dari Kemenag.go.id, Sanatan atau Sanatana Dharma sendiri dikenal sebagai ajaran dalam agama Hindu yang mengandung ilmu pengetahuan, baik pengetahuan tentang materi hingga pengetahuan tentang rohani. Ajaran ini juga mempunyai pandangan yang luas akan hukum dan aturan moralitas sehari-hari yang berdasar pada karma, dharma, dan norma kemasyarakatan.

Dengan demikian, video gajah bisa berjoget adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34J28FJ

https://kemenag.go.id/hindu/memahami-ajaran-sanatana-dharma-zj4887

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-gajah-sedang-berjoget-gembira

= = =