[SALAH] POLITISI TPDI TUNJUKKAN BUKTI TRANSAKSI GELAP KE PUAN MAHARANI DAN MINTA SEGERA JALANKAN HAK ANGKET

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan informasi terkait klaim yang beredar. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/TZD3-K6VD (Youtube)

=======

[NARASI]:
GEGER SIANG INI..!!! POLITISI TPDI TUNJUKKAN BUKTI TRANSAKSI GELAP. MINTA SEGERA JALANKAN HAK ANGKET

BREAKING NEWS
TPID TUNJUKKA BUKTI
POLITISI TPID TUNJUKKAN BUKTI KE PUAN TENTANG HAK ANGKET

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama AKTUAL bernarasikan politisi Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) tunjukkan bukti transaksi gelap ke Ketua DPR RI Puan Maharani dan minta segera jalankan hak angket.

Berdasarkan penelusuran, thumbnail yang menampilkan Puan Maharani tersebut merupakan Suasana Sidang Paripurna pengesahan pimpinan DPR RI di gedung Nusantara II, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta 1 Oktober 2019. Puan Maharani ditetapkan sebagai Ketua DPR periode 2019-2024 melalui Rapat Paripurna dan diwakili oleh Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Gerindra, Rahmat Gobel dari Fraksi Nasdem, Aziz Syamsuddin dan Muhaimin Iskandar dari Fraksi PKB.

Foto aslinya dimuat pada artikel katadata.co.id dengan judul “Pidato Perdana Sebagai Ketua DPR, Puan: Kami Tidak Antikritik” yang dimuat pada 1 Oktober 2019.

Dalam video tersebut ternadapat narasi yang membahas tentang para advokat yang tergabung dalam Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) dan Pergerakan Advokat Nusantara (Perekat Nusantara), mendukung DPR RI menggunakan hak angket untuk mengusut dugaan kecurangan Pemilu 2024. Narasi tersebut bersumber dari artikel batamtoday.com berjudul “TPDI dan Perekat Nusantara Sampaikan Dukungan ke DPR Gunakan Hak Angket Kecurangan Pemilu 2024”.

Selain itu narator dalam video tersebut juga membacakan artikel dari tribunnews.com berjudul “Terkait Perkembangan Hak Angket, Pengamat Sebut Surya Paloh Bisa Berperan”. Artikel ini membahas tentang Pengamat Sosial Politik sekaligus Ketua Kajian Sabang Merauke Circle, Syahganda Nainggolan menilai Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh bisa memimpin gerakan hak angket terkait dugaan kecurangan pemilu di DPR RI.

Dengan demikian narasi dengan klaim politisi TPDI tunjukkan bukti transaksi gelap ke Puan Maharani dan minta segera jalankan hak angket tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://katadata.co.id/berita/nasional/5e9a4e61d414d/pidato-perdana-sebagai-ketua-dpr-puan-kami-tidak-antikritik

https://batamtoday.com/batam/read/201238/TPDI-dan-Perekat-Nusantara-Sampaikan-Dukungan-ke-DPR-Gunakan-Hak-Angket-Kecurangan-Pemilu-2024

https://www.tribunnews.com/mata-lokal-memilih/2024/02/28/terkait-perkembangan-hak-angket-pengamat-sebut-surya-paloh-bisa-berperan