[SALAH] Iklan KFC Mengejek Para Korban di Palestina

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Iklan KFC yang menggunakan tagar #NoTentsJustChicken merujuk pada berita tentang lembaga pemerintah Negara Antigua dan Barbuda yang kehilangan tenda, tidak ada hubungannya dengan korban di Palestina.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/n8TdT

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Bagi mereka yang mengatakan bahwa tangkapan layar KFC ini palsu, sebenarnya itu asli! Semoga ALLAH SWT mempermalukan hewan-hewan kotor yang mempromosikan merek ini! #BoikotPSL #BoikotPSL9 #BoikotKFC”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @TheDrifterSays (Ahsaan) mengunggah tangkapan layar KFC yang menggunakan tagar #NoTentsJustChicken. Ahsaan juga menambahkan informasi bahwa iklan KFC tersebut ditujukan untuk mengejek warga Pelestina dan memberikan tagar #BoycottKFC. Cuitan dan gambar yang diunggah pada 18 Februari tersebut telah disukai 276 orang, dikutip dan dibagikan ulang 255 kali, serta telah dilihat lebih dari 36,000 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Pada tangkapan layar tersebut terlihat jelas bahwa KFC menambahkan tagar #KFCAntigua dan tidak menyebut Palestina sama sekali.

Selain itu, melansir dari salah satu artikel el-shai.com yang berjudul ‘“KFC’s “No Tents, Just Chicken” Post Creates Misunderstanding, Sparks Boycott Calls”’, konteks dari iklan KFC itu merujuk kepada Negara Antigua. Perusahaan lokal Antigua bernama APUA mengalami pencurian tenda pada sebuah acara penting. Sebagai upaya untuk mencari tenda tersebut, mereka membuat postingan media sosial yang dikemas dengan candaan dan gaya postingan tersebut mirip dengan slogan KFC.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @TheDrifterSays (Ahsaan) merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.el-shai.com/kfcs-no-tents-just-chicken-boycott/#google_vignette

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-iklan-kfc-mengejek-para-korban-di-palestina