[SALAH] Baku Tembak Dan Ledakan Bom Di Plaza Sarinah Maret 2024

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, postingan yang menyertakan narasi ledakan bom di Plaza Sarinah dan diunggah pada 03 Maret 2024 tidaklah benar. Video ini telah dibantah oleh Kapolres Metro Jakarta Pusat bahwa tidak ada informasi ledakan ataupun baku tembak. Selain itu, video ini mirip dengan peristiwa bom sarinah pada tahun 2016 yang diunggah oleh YouTube Maybi Prabowo.

Simak penjelasannya

====
[KATEGORI] Konten Menyesatkan

====
[SUMBER] Facebook https://ghostarchive.org/archive/TslQ5

====
[NARASI] ” Jl. Thamrin Di Plaza Sarinah Jkt, baku tembak dan 4 x ledakan”

====
[PENJELASAN]
Sebuah video beredar di Facebook yang menyatakan bahwa tanggal 03 Maret 2024 di Plaza Sarinah terjadi baku tembak dan ledakan bom. Dalam video ini terlihat seseorang sedang menunjukkan keadaan jalan yang ramai dan terlihat orang-orang panik berhamburan. Dalam video ini juga terdengar percakapan bahwa di daerah tersebut sedang terjadi baku tembak dan ledakan sebanyak 4x.

Setelah ditelusuri, video ini tidaklah benar. Dilansir dari Liputan6.com, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo membantah video ini. Susatyo mengatakan bahwa tidak ada informasi ledakan maupun baku menembak pada hari itu. Selain itu, video ini mirip dengan peristiwa bom sarimah yang terjadi pada tahun 2016 dan diunggah oleh YouTube Maybi Prabowo.

Dengan demikian, video yang menyatakan bahwa terjadi baku tembak dan ledakan bom di Plaza Sarinah pada 03 Maret 2024 tidaklah benar.

=====
[REFERENSI]
https://www.liputan6.com/news/read/5541554/polisi-pastikan-video-baku-tembak-dan-ledakan-bom-di-sarinah-hari-ini-hoaks?utm_source=Mobile&utm_medium=&utm_campaign=Share_Top

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-baku-tembak-dan-ledakan-bom-di-plaza-sarinah-maret-2024