[SALAH] Anies Baswedan: Batik Dijadikan Baju adalah Sebuah Pelanggaran

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya Anies menyampaikan agar menjadi pendorong perubahan kebiasaan dengan mencontohkan batik yang awalnya hanya dijadikan kain yang biasa digunakan untuk sarung sebagaimana pakem dari batik itu sendiri, bukan digunakan untuk baju. Namun penggunaan batik sebagai baju kini menjadi kebiasaan baru dan menjadi pakaian identitas Indonesia yang berdampak positif. Video tersebut sudah diedit dan menghilangkan konteks yang dimaksud Anies.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Snack Video

https://archive.is/vPYVz

= = =

Narasi:

“Baju Batik Itu Pelanggaran? Kata Capres NasDem Anies Baswedan. Beredar video terbaru orasi Anies Baswedan soal batik yang dijadikan baju adalah p3langgaran. Capres NasDem ini menyebut batik harusnya dipakai dibawah (kain, read) bukan dibuat baju atau kemeja.”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video di Snack Video yang menunjukkan Anies Baswedan mengatakan bahwa batik di buat menjadi baju adalah sebuah pelanggaran, batik seharusnya adalah batik yang dipakai di bawah dalam setelan pakaian.

Namun setelah ditelusuri, video tersebut telah dipotong sehingga menghilangkan konteks dari apa yang dimaksud Anies. Pada video asli di YouTube yang berjudul “LIVE KULIAH PAKAR ANIES BASWEDAN DI UMI MAKASSAR” tepatnya pada menit ke-26 detik ke-59, Anies menyampaikan agar audiens dapat mendorong perubahan dari kebiasaan yang sudah ada dengan menganalogikan batik yang awalnya hanya dijadikan kain yang biasa digunakan untuk sarung sebagaimana pakem dari batik itu sendiri, bukan digunakan untuk baju.

Pada saat perubahan batik menjadi baju, Anies menyampaikan pada saat itu banyak yang menyebut hal tersebut adalah pelanggaran karena tidak mengerti pakem dalam penggunaan batik. Namun penggunaan batik sebagai baju kini menjadi kebiasaan baru dan menjadi pakaian identitas Indonesia yang berdampak positif di mata dunia.

Dengan demikian, Anies mengklaim bahwa batik dijadikan baju merupakan pelanggaran adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-anies-baswedan-batik-dijadikan-baju-adalah-sebuah-pelanggaran

= = =