[SALAH] Video Warga Baduy Turun Kota Siap Lawan Preman Pemilu

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya kegiatan dalam video tersebut adalah tradisi Seba Baduy yang mana masyarakat Baduy akan menyampaikan amanat dan hasil panen satu tahun. Tidak ada kaitannya dengan agenda Pemilu 2024.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/f0xNx

= = =

Narasi:

“Warga Baduy Turun Kota. Baduy siap ngawal abah. Lebih Baik Herkules Mundur Permainan Suku Badui Mengerikan. Siap Lawan Preman Pemilu. Kami siap ke jakarta.. demi perubahan,”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video yang diklaim merupakan aksi warga Suku Baduy turun ke kota dan siap mengawal Abah, sapaan akrab Anies Baswedan. Disebutkan juga mereka menuju Jakarta dan siap melawan preman Hercules, mantan preman Tanah Abang.

Setelah ditelusuri faktanya video yang menunjukkan sekumpulan warga Suku Baduy turun ke jalan merupakan momen dari tradisi tahunan Seba Baduy. Tidak ditemukan video yang identik, namun video YouTube berjudul “Seba Baduy 2023” yang diunggah pada 28 April 2023 menunjukkan gambar dan dari arah yang serupa dalam video tersebut hoaks, tepatnya pada menit ke-5 detik ke-6.

Diketahui dari Kompas.com, penyelenggaraan ritual Seba Baduy 2023 diikuti oleh ribuan warga Suku Baduy yang turun ke jalan berkunjung ke Pendopo Bupati Lebak di Rangkasbitung untuk menyampaikan amanat dan hasil panen satu tahun. Tidak ada kaitannya dengan agenda politik pada Pemilu 2024.

Dengan demikian, video warga Baduy turun kota siap Lawan preman pemilu adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://regional.kompas.com/read/2023/04/27/061816878/1250-warga-baduy-akan-turun-ke-rangkasbitung-untuk-tradisi-seba?page=all

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-warga-baduy-turun-kota-siap-lawan-preman-pemilu

= = =