[SALAH] Video Tentara Amerika Dikerahkan di Gedung Putih untuk Mencegah Perang Sipil pada Januari 2024

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut diambil saat Garda Nasional dikerahkan untuk mengamankan Gedung Kapitol setelah penyerbuan oleh pendukung Donald Trump pada 6 Januari 2021.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.is/khH8Q

= = =

Narasi:

“AMERICAN CIVIL WAR: The US Army is deployed around the White House Protecting the American President from…the Americans. Do they know that civil war is coming? Are they deliberately fueling a civil war in order to enact strict laws?”

Terjemahan:

“PERANG SIPIL AMERIKA: Angkatan Darat AS dikerahkan di sekitar Gedung Putih Melindungi Presiden Amerika dari… Masyarakat Amerika. Tahukah mereka bahwa perang saudara akan terjadi? Apakah mereka sengaja mengobarkan perang saudara? untuk memberlakukan hukum yang ketat?”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video di Twitter diklaim menunjukkan beberapa prajurit tentara sedang berjaga di Gedung Putih, pada caption disebutkan bahwa Angkatan Darat Amerika Serikat dikerahkan untuk melindungi Presiden Amerika Joe Biden dan mencegah perang saudara pada Januari 2024.

Diketahui pemerintah Amerika, Joe Biden menghilangkan kawat berduri di perbatasan dengan Meksiko. Hal tersebut bertentangan dengan pemerintah dan masyarakat di negara bagian Texas yang berbatasan langsung dengan Meksiko karena berpotensi meningkatnya imigran ilegal. Hal tersebut menimbulkan wacana akan terjadinya potensi perang saudara.

Setelah ditelusuri, pengerahan prajurit dalam video tersebut tidak ada kaitannya pencegahan perang saudara akibat dari permasalahan yang akhir-akhir ini terjadi di Amerika. Video tersebut diambil saat Garda Nasional dikerahkan untuk mengamankan Gedung Kapitol setelah penyerbuan oleh pendukung Donald Trump pada 6 Januari 2021, bukan kejadian di Gedung Putih akhir-akhir ini.

Dengan demikian, prajurit Angkatan Darat dikerahkan untuk mencegah perang saudara di Amerika adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34J8489

https://www.barrons.com/news/us-supreme-court-sides-with-biden-in-texas-border-dispute-fbe4f851

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-video-tentara-amerika-dikerahkan-di-gedung-putih-untuk-mencegah-perang-sipil-pada-januari-2024

= = =