[SALAH] VIDEO KAPAL MARLIN LUANDA TERBAKAR

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, video yang diunggah bukan video dari kapal Marlin Luanda yang terbakar di Teluk Aden, melainkan video kapal yang terbakar di Pantai AI Khan, Sharjah, Uni Emirat Arab pada tahun 2019 lalu.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: FALSE CONTEXT/Konteks yang Salah

=====

[SUMBER]: X
https://archive.fo/Wd9ko

=====
[NARASI]:

“Trafigura’s Marlin Luanda oil tanker carrying Russian oil destroyed by Houthis in the Gulf of Aden south of Yemen.
(Kapal tanker minyak Marlin Luanda milik Trafigura yang membawa minyak Rusia dihancurkan oleh Houthi di Teluk Aden selatan Yaman.)”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah video melalui media sosial X, yang diklaim sebagai video kapal tanker minyak Trafigura Marlin Luanda, yang dihancurkan oleh Houthi di Teluk Aden Selatan Yaman. Akun @EkpaKanu ini mengunggah video beserta klaimnya tersebut pada tanggal 27 Januari 2024.

Namun setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai video yang terdapat di dalam unggahan, ditemukan sebuah kekeliruan yang terkandung di dalamnya. Jika diperhatikan dengan lebih seksama, ditemukan ketidakcocokan antara video kapal terbakar yang disebarkan oleh akun X tersebut dengan penampakan kapal Marlin Luanda yang terbakar, yang telah disebarkan secara resmi di berbagai media.

Ternyata video yang disebarkan oleh akun @EkpaKanu ini bukan video terbakarnya kapal Marlin Luanda di Teluk Aden Selatan Yaman. Melansir dari salah satu unggahan X milik akun @O_Rob1nson, yang diunggah ulang oleh akun media sosial cek fakta @hoaxeye, ditemukan penjelasan yang menunjukkan bahwa video kapal yang diklaim sebagai Kapal Marlin Luanda yang terbakar merupakan video kapal yang terbakar di Pantai Al Khan, Sharjah, Uni Emirat Arab pada tahun 2019. Menurut laporan media setempat, api yang membakar kapal juga turut menghanguskan 104 kendaraan yang terdapat di dalamnya.

Jadi dapat disimpulkan, unggahan yang menampilkan video kapal laut terbakar, yang diklaim sebagai kapal Marlin Luanda di Teluk Aden Selatan, Yaman, merupakan unggahan dengan informasi keliru dan termasuk ke dalam kategori false context atau konteks yang salah.

=====
[REFERENSI]:

https://gulftoday.ae/news/2019/09/04/fire-engulfs-sea-vessel-guts-104-vehicles

=====

https://x.com/EkpaKanu/status/1751163411067724273?s=20