[SALAH] Usai melihat Data KPU, AHY Balik Arah Dukung Anies

Hasil periksa fakta Agnes A

Tidak ada informasi valid yang menjelaskan klaim. Keseluruhan video hanya berisi cuplikan dari berbagai momen yang tidak berkaitan satu sama lain.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://perma.cc/CZ8G-U2AU (Youtube)

=====

[NARASI]: “Menakjubkan !! Usai melihat data di KPU, Ahy langsung balik arah gelar deklarasi pemenangan Anies”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube REDAKSI TV mengunggah video dengan klaim Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) balik arah memberikan dukungannya kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden usai melihat data KPU.

Namun jika menonton keseluruhan video, tidak dapat ditemukan informasi valid yang menejelaskan klaim tersebut. Video hanya berisi cuplikan-cuplikan yang tidak saling berkaitan satu sama lain, yang kemudian digabungkan.

Terdapat cuplikan Anies Baswedan yang sedang memberikan pidato berdampingan dengan cawapresnya, Muhaimin Iskandar. Diketahui, video aslinya merupakan momen pada saat paslon satu ini membuka kampanye di Jakarta International Stadium pada 10 Februari 2024 lalu.

Sedangkan cuplikan yang menampilkan AHY kebanyakan diambil dari momen pidato AHY dan deklarasi Partai Demokrat dukung Prabowo Subianto yang dilaksanakan pada 21 September 2023. Selain itu terdapat cuplikan AHY yang memberikan pidato usai pelantikannya sebagai menteri ATR/BPN.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.youtube.com/watch?v=w1ej0Mzev2s
– https://www.youtube.com/watch?v=Fya5u_r79xw
– https://www.youtube.com/watch?v=pGglDBug08A
https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-usai-melihat-data-kpu-ahy-balik-arah-dukung-anies